08 Jul 2019 15:53
Gerak Cepat Atasi Pengentasan

Tabukan Selatan Koleksi 1.050 KK Miskin

MyPassion
Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Jumlah masyarakat miskin di Kecamatan Tabukan Selatan mencapai angka 1.050 KK. Pemerintah pun bergerak cepat untuk mengurangi angka tersebut.

 

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana ME ketika mendapat laporan terkait masih tingginya jumlah keluarga miskin, langsung memberi tanggapan. Menurut Gaghana, bersama OPD dia akan mencari solusi.

“Saat Me’Daseng kita sekaligus mendiskusikan program untuk mengurangi angka kemiskinan,” tukasnya. Bupati juga meminta masing-masing OPD mengetahui apa permasalahan sehingga di Kecamatan Tabukan Selatan masih banyak keluarga miskin. “Jadi saya minta OPD teknis dan terkait serta instansi yang memiliki program pengentasan kemiskinan pro aktif melihat keberadaan warga miskin di Kecamatan Tabukan Selatan,” ungkap Gaghana.

Meski tidak menyangsikan data keluarga miskin yang dipaparkan camat, bupati meminta OPD teknis melakukan survei pembanding. Dalam mensinkronkan data riil. Termasuk sebagai pegangan agar sasaran program bantuan untuk pengentasan kemiskinan tepat sasaran.

“Dengan masih tingginya keluarga miskin di Kecamatan Tabukan Tabukan Selatan membuat kita harus lebih kerja keras. Terutama OPD harus segera memastikan kondisi rill serta tindak lanjutnya di lapangan,” tegasnya.

Sementara terkait sinkronisasi data keluarga miskin, Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Sangihe tengah melakukan verifikasi dan validasi (Verivali) data di Kecamatan Tahuna, Tahuna Timur dan Tahuna Barat. Penjelasan dari Kadis Sosial Sangihe Tajudin Sainkadir ditemui terpisah, verivali dilakukan di kecamatan lainnya. Namun bertahap sesuai ketersediaan anggaran. “Jadi untuk tahap awal verivali baru sebatas di tiga kecamatan. Mudah-mudahan kita punya anggaran yang cukup untuk dilakukan di kecamatan lainnya,” kata Sainkadir.(wan/gel)

Kirim Komentar