08 Jul 2019 16:17
Turun Dibandingkan Tahun Lalu

Paruh Tahun, 8 Jiwa Melayang di Jalan

MyPassion
Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Keselamatan dan kenyamanan berkendara jadi hal penting, dan wajib dilakukan seluruh pengendara. Sejumlah upaya dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Minahasa. Lewat sosialisasi dan edukasi utamanya, bagi pengemudi belia, yang rentan mengalami dan melakukan pelanggaran berlalu-lintas.

Baik lewat bidang tekait, maupun unit Satuan Lalu-Lintas (Satlantas) Polres Minahasa, dengan rutinitas operasi yang di gelar disejumlah titik-titik strategis.

Dari data Satlantas Polres Minahasa, sejak Januari-Juni tahun ini sebanyak  60 kasus terjadi. 8 korban diantaranya, meninggal dunia baik saat dalam perawatan maupun di lokasi kejadian.

"Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan  tahun lalu, tapi dari sisi jumlah korban yang meninggal dunia ada penurunan sekira 40 persen (lihat grafis). Jika di periode yang sama, tahun berbeda itu ada 12 orang meninggal dunia, hanya di jumlah kasusnya saja memang ada kenaikan," beber Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang melalui Kasat Lantas AKP Andre Kilapong SE ME.

Lanjut Kilapong, razia yang dilakukan pihaknya merupakan program rutin jajaran Satlantas sebagai tindakan preventif menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Operasi ini juga juga untuk meningkatkan kesadaran para pengendara agar tertib berlalu-lintas," katanya lagi.

Kebanyakan pengendara kata dia, didapati tidak mengenakan helm, tidak bisa menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) .

"Pelanggar didominasi pengendara sepeda motor, semua yang dinyatakan melanggar tetap dikenakan e-tilang sesuai undang-undang lalu lintas. Hal tersebut kita terapkan, guna menghindari praktek pungli,” jelasnya.

Ditambahkan Kanit Turjawali Ipda Noufy Massie hingga saat ini memang sejumlah kasus laka lantas, hampir seluruhnya disebabkan karena tidak tertibnya pengendara dalam berkendara.

"Untuk itu kami mengingatkan kepada masyarakat agar selalu tertib dalam berkendara,  menyiapkan kelengkapan wajib seperti surat-surat kendaraan, maupun helm yang tak lain untuk keselamatan pengendara itu sendiri," ujar Massie.(tr-03/jul)

Kirim Komentar