04 Jul 2019 13:43

Telan 1,4 Miliar, Pilhut Kans Akhir Tahun

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Berdasarkan Surat Edaran Gubernur Sulawesi Utara tertanggal 25 Juni lalu, kabupaten/kota wajib melaksanakan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) dipastikan berlangsung secara serentak. Demikian disampaikan Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring melalui Asisten I Drs Denny Mangala, Rabu (3/7) kemarin.

"Sesuai surat edaran, Pemkab Minahasa bakal mengupayakan Pilhut dilaksanakan di akhir tahun nanti," sebut Asisten Pemerintahan Masyarakat dan Desa Pemkab Minahasa ini.

Lanjut dia, Pilhut di Minahasa ini adalah gelombang terakhir. Dari keseluruhan tiga tahapan yang dijadwalkan. "Untuk Minahasa ini sudah gelombang ketiga. Memang, nantinya kebutuhan logistik untuk Pilhut ini, memakan anggaran yang tidak sedikit. Tapi, kami upayakan bisa tercover di APBD-P nanti," tukasnya.

Diketahui dari 227 desa yang ada di Tanah Toar Lumimuut. Ada 99 desa yang masih di isi Plt, dan nantinya akan menggelar Pilhut. Terkait kontestasi ini, dikatakan  Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Minahasa Oklen Waleleng,  mendesak Pilhut segera dilaksanakan di Minahasa.

"Sebaiknya segera dilaksanakan. Karena jika ditunda-tunda, akan mengganggu jalannya demokrasi. Kalau tahun depan pasti akan berbenturan dengan Pilgub, yang tahapannya sudah akan dimulai di bulan September," ucap Waleleng.

Dari komisinya, lanjut politisi Golkar ini, bakal mendorong pengalokasian anggaran, agar dimasukkan dalam postur APBD-P Tahun 2019, yang rencananya mulai dibahas di pertengahan Triwulan III nanti.

"Asumsinya jika Rp 15 juta setiap desa berarti kurang lebih ada Rp 1,4 M, yang bisa diakomodir dalam  APBD-P nanti," kata dia lagi.

Sembari menambahkan, sejalan dengan pernyataan   Gubernur Sulut Olly Dondokambey sebelumnya, yang pernah menyatakan Pemprov  siap membantu jika kabupaten/kota kekurangan anggaran.

"Jika Pemkab Minahasa beralasan anggaran terlalu besar. Kan provinsi siap membantu. Masa di bidang lain pemerintah provinsi bisa membantu pemkab Minahasa, misalnya di infrastruktur dan penyelamatan Danau Tondano, kemudian untuk Pilhut tidak bisa," pungkasnya.(tr-03/jul)

Kirim Komentar