03 Jul 2019 13:59

Pasca Guyuran Hujan Lebat, Warga di Lokasi Rawan Bencana Diminta Waspada

MyPassion
Bob Wuaten

MANADOPOSTONLINE.COM—Hujan dengan intensitas tinggi yang tengah dan bakal mengguyur Kabupaten Kepulauan Sitaro, membuat pemerintah di Bumi Karamando meminta seluruh warganya untuk waspada. Lebih-lebih bagi warga, yang bermukim di lokasi rawan bencana. Baik tanah longsor maupun potensi terjadinya banjir nantinya.

"Terutama warga yang bermukim di sebagian Kecamatan Siau Timur, Siau Timur Selatan, Siau Barat, Siau Barat Selatan dan Tagulandang, yang pernah terjadi tanah longsor maupun banjir untuk sigap dan meningkatkan kewaspadaan dini," sebut Bupati Sitaro Evangelian Sasingen.

Sasingen mengatakan pentingnya kesadaran masyarakat, untuk sigap terhadap potensi terjadinya bencana alam. Mengingat, terutama di Pulau Siau, memang memiliki struktur tanah yang tidak stabil. "Di sisi lain, warga juga harus mampu menjaga lingkungan sekitar dengan membersihkan saluran, dan jangan membuang sampah di saluran air. Pemerintah desa terkait juga dapat membangun tanggul, serta sabodam dengan menggunakan Dandes maupun ADD, jika memang hal ini diperlukan" paparnya.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Sitaro Bob Wuaten mengimbau, kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa waspada. Dikarenakan, penanggulangan bencana paling efektif, yakni lewat kesiapsiagaan mengantisipasi, guna meminimalisir korban baik material dan jiwa.

 "Apalagi saat ini, sering terjadi hujan lebat, dengan durasi waktu yang cukup lama. Untuk itu perlu adanya koodrinasi, antara masyarakat yang berada di daerah rawan bencana, dengan pemerintah kampung maupun kelurahan," jelasnya.

"Untuk akses jalan serta jalur evakuasi, sudah ada petugas yang disiagakan, serta  memantau dimana saja daerah yang rawan terjadi longsor. Kami juga meminta masyarakat untuk sigap dan cepat menginformasikan jika terjadi bencana dalam bentuk apapun," kuncinya.(drp/jul)

Kirim Komentar