01 Jul 2019 09:38

Konsisten Dukung UMKM, BRI Sabet Penghargaan

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyabet penghargaan khusus di bidang UMKM. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas peran Bank BRI yang terus konsisten mendukung UMKM dibuktikan dengan terus meningkatnya porsi dan nilai kredit untuk pengusaha mikro.

Dan juga merupakan salah satu kategori dari rangkaian Bank Terbaik Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Majalah Investor. Seremoni penyerahan penghargaan ini diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta (28/06).

Dengan adanya penghargaan ini, Bank BRI pun optimis untuk terus fokus di UMKM dan setiap tahun, akan menambah porsi pertumbuhan UMKM.

"Agar supaya pada tahun 2022 nanti Portofolio UMKM terjaga sekitar 80 persen dari total Kredit yang disalurkan Bank BRI," ungkap Direktur Jaringan dan Layanan Osbal Saragi Rumahorbo kepada Manado Post Online, Senin(1/7).

Kepada Manado Post Online, Saragi menyebut ada beberapa strategi dan inisiatif dari BRI untuk hasil itu. "Yaitu, pertama memperbaiki bisnis proses UMKM dengan menggunakan digital. Sehingga tetap dapat bersaing dengan industri perbankan termasuk fintech juga. Kemudian, mendorong pengembangan digital BRI yang dikenal dengan Brispot untuk semua segmen UMKM," katanya.

Tak hanya itu, disebutkannya, strategi yang kedua adalah mendukung pengembangan segmen UMKM dipasar-pasar yang potensial.

"Ada beberapa bank lain, yang tidak bisa masuk ke pasar, karena kendala dan juga tak punya pengalaman serta keterbatasan jaringan. Sementara di BRI dengan satelit Brisat akan mengembangkan pasar kedaerah yang tidak terjangkau tapi punya potensi," ujar eks Pinwil BRI Manado itu.

"Strategi selanjutnya ya dengan membantu para usahawan mikro yang sudah bankable untuk naik kelas. Seperti kita ketahui banyak masyarakat yang memiliki usaha yang baru dan belum layak secara perbankan. Nah mereka dibina oleh BRI dengan memberikan fasilitas KUR," sambungnya.

Harapannya adalah, para pelaku tersebut bisa sukses dan tambah besar. "Mereka bisa naik kelas dalam artian bisa menjadi debitur UMKM bank BRI. Jumlah yang migrasi debitur KUR yang naik kelas ini sangat besar jumlahnya di BRI," harapnya. Mengutip keterangan dari Majalah.

Diketahui, Hingga akhir Maret 2019 total penyaluran kredit BRI secara keseluruhan mencapai Rp 855,47 Triliun, dengan 76,92% diantaranya atau setara Rp 657,99 Triliun disalurkan ke segmen UMKM.

Tak hanya penghargaan bidang UMKM, tapi juga BRI berhasil mendapat 5 Penghargaan dalam Banking Service Exellence Award 2019 yg dilakukan MRI dan Majalah InfoBank. Adapun penghargaan yang diterima Bank BRI adalah Peringkat I Internet Banking, Peringkat 1 E -Banking, Peringkat 2 Kinerja ATM, Peringkat 6 Digital Banking, Peringkat 6 Overall ( naik 5 peringkat dari tahun 2018).

"Puji Tuhan semua penghargaan ini boleh kami dapat. Kedepan, BRI akan terus berbenah memperbaiki semua parameter 'Digital Banking dan People mindset' untuk menuju perbankan yang kuat dan akan mencipatakan pengalaman nasabah bertransaksi di BRI semakin excellence," ungkapnya sembari menambehkan untuk target Bank BRI tahun 2020, masuk Top 3 dalam Customer Experience Excellence.(gab)

Kirim Komentar