28 Jun 2019 09:22

Ternyata Ini Kunci Kualitas Pala Sitaro

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM- Kualitas Pala Siau di Kabupaten Kepulauan Sitaro telah dikenal bahkan di tingkat internasional, sebagai buah pala terbaik karena kadar miristisin yang tinggi, yakni 12,19 persen.

Hal tersebut membuat harganya melambung dan terus dicari pasar. Meski begitu kualitas Pala Siau tersebut, tidak dipengaruhi oleh bibit pala, sebab selama ini para petani justru menggunakan bibit pala dari Minahasa.

Kadis Pangan dan Pertanian James Makasenda menjelaskan secara keseluruhan pohon pala di Siau dan di Minahasa, atau di pulau sekitarnya itu sama.

"Tidak ada yang spesial. Bahkan bibit banyak diambil dari luar. Namun yang menjadi penentu tingginya kualitas pala Siau, adalah letak geografis kita serta kondisi yang ada di sini," tuturnya

"Sehingga pala Siau adalah satu-satunya buah, yang mengantongi sertifikat geografis. Sudah banyak penelitian yang membuktikan itu. Bahkan pala, dari zaman dahulu, bukan buah yang tumbuh di Siau. Jadi kalau sejarah pala masuk disini, itu karena dibawa dari ternate. Namun nyatanya, saat ini justru kualitas pala Siau yang paling baik, sehingga bibit bukan penentu kualitas pala," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pangan dan Pertanian Richard Sasmombo mengatakan, pihaknya juga telah melakukan uji coba penanaman bibit pala Siau di daerah Minahasa.

"Hasilnya kualitasnya sama dengan pala di sana. Sedangkan di sini( Sitaro), struktur dana dan kadar asam yang tinggi akibat debu vulkanis, membuat kadar miristisin pala menjadi naik. Sebab Pala di Tagulandang saja yang hanya berjarak 40 km itu sudah berbeda kualitasnya," kunci Sasmombo. (don/jul)

Kirim Komentar