26 Jun 2019 10:40

Djarum Beli Cengkih 85 Ribu/Kg, Ada Syaratnya

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Polemik melemahnya harga ‘emas coklat’ atau cengkih di Sulawesi Utara (Sulut), membuat pemerintah harus segera bergerak untuk menyikapi hal ini.

Jika tidak ada terobosan yang dilakukan pemerintah, maka harga akan terus anjlok dan petani di Sulut bakal menerima dampak dan merugi.

Dibeberkan Kepala Dinas Perkebunan Daerah (Disbun) Sulut Refly Ngantung, bahwa PT Djarum Indonesia menjadi solusi untuk mengantisipasi anjloknya harga cengkih. Dirinya menegaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut sudah melakukan pertemuan dengan PT Djarum Indonesia dengan maksud menaikan harga cengkih.

Dirinya juga menjamin PT Djarum Indonesia saat ini bakal membeli cengkih di Sulut dengan harga Rp 85 ribu perkilogram.

"Jadi kita dari pihak Pemprov sudah melakukan pertemuan dengan PT Djarum Indonesia. Dan mereka sudah menyanggupi akan membeli cengkih dengan harga Rp 85 ribu perkilogram. Namun cengkih yang mereka ambil ada syaratnya. Yakni kadar air 13 persen. Karena itu saya minta petani cengkih di Sulut agar terus menjaga baku mutu. Yang pasti, sudah ada solusi dari melemahnya harga cengkih. Bukan hanya kadar air yang harus 13 persen. Kadar kotor juga harus 3 persen," tuturnya, Selasa (25/6).

Cengkih Minahasa, menurutnya memiliki keunikan tersendiri. Aroma serta rasa, menurut Ngantung, berbeda dengan cengkih di daerah lain. Sehingga memang dengan tetap menjaga kualitas serta kadar air yang baik, maka cengkih dari Minahasa akan tetap dicari beberapa produsen.

12
Kirim Komentar