25 Jun 2019 08:59

Serentak 23 September, Pilkada Bersamaan HUT Sulut

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan Pilkada Serentak 2020 digelar 23 September mendatang. Tanggal yang sama dengan perayaan HUT Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

 

Penentuan tanggal Pilkada serentak ini sesuai Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada pada pasal 201 ayat 6. Karena praktik pemilu selama ini digelar hari Rabu.

“Maka pada bulan September itu kita cari hari Rabu. Jatuh tanggal berapa saja,” kata Ketua KPU RI Arief Budiman, Senin (24/6), kemarin.

Sementara itu, KPU juga tidak bisa mengambil hari Rabu pada tanggal satu angka. Alasannya, kalau satu angka, ditakutkan sama dengan nomor urut peserta pemilu yang bisa mempengaruhi saat kampanye. Sehingga akhirnya diambil pada hari Rabu dengan tanggal dua angka.

“September 2020 hari Rabu itu ada tanggal 2, itu enggak mungkin kita pakai, ada tanggal 9, itu juga enggak. Kemudian ada tanggal 16 dan 23. Setelah kita rembuk, ya sudah kita ambil yang 23,” tuturnya.

Selain itu, kata Arief, pihaknya juga sudah meminta laporan dari masing-masing KPU di daerah apakah tanggal tersebut bersamaan dengan hari keagamaan atau hari penting di daerah masing-masing.

“(Tanggal) 23 itu sepertinya tidak ada yang punya kegiatan yang ada kemudian kalau pilkada itu mengganggu, nah itu enggak ada,” tambah Arief.

Sementara, Komisioner KPU Viryan Aziz mengatakan, dalam Pilkada Serentak 2020, setidaknya ada sembilan provinsi yang akan menggelarnya. Termasuk didalamnya Sulawesi Utara dan 224 kabupaten serta 37 kota.

“Jadi KPU sekarang mau tidak mau, sambil menanti atau sambil menyelesaikan tahapan Pemilu 2019, kami harus langsung bersiap untuk Pilkada 2020,” ujar Viryan. (jpnn)

Kirim Komentar