25 Jun 2019 09:26
Pengamat: Selain Populer, Harus Paham Perencanaan Kota

Ini Prediksi Calon Wali Kota Manado

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemilihan Wali Kota (Pilwako) menjadi yang terpanas di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Di masyarakat nama-nama kandidat terus bermunculan.

Sebut saja dari kalangan politisi Bupati Minahasa Royke Roring, Bupati Mitra James Sumendap, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, mantan Wali Kota Manado Jimmy Rimba Rogi, mantan Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan, dan Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan.

Dari kalangan perempuan nama Rektor Unima Julyeta Runtuwene, anggota DPRD Provinsi Sulut Felly Estelita Runtuwene, dan Sonya Kembuan muncul. Dari profesional mantan Sekkot Manado Rum Usulu dan promotor tinju Daniel Tumbelaka. Sedangkan kalangan Polri mantan Kapolres Manado Rio Permana Mandagi.

Pengamat politik Dr Stefanus Sampe menyebut tak mudah menjadi Wali Kota Manado. Karena ibu kota provinsi ini punya masalah kompleks. “Jadi partai harus mengirim kandidat sangat kompeten untuk bisa jadi wali kota ideal,” katanya.

Dia menambahkan, calon ideal yakni pemimpin yang bisa menciptakan nyaman. Serta layak dihuni semua warga kota. Yang datang dari latar belakang, suku, etnis, dan agama berbeda.

"Mengingat Manado padat penduduk dengan sejumlah masalah sosial. Harus dipimpin figur betul-betul mampu merangkul semua kalangan," ujar dosen Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan Fisip Unsrat ini.

Menurut dia, syarat utama calon Wali Kota Manado nanti selain populer, harus mempunyai  dana mumpuni. "Kebanyakan parpol melirik calon tidak sekadar populer. Namun mempunyai dana," katanya.

12
Kirim Komentar