25 Jun 2019 14:04

Ada Dua Puskesmas di Manado Belum Terakreditasi

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM--Dari total 16 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di kota Manado, ternyata masih ada 2 unit yang belum terakreditasi. Yakni Puskesmas Bailang, dan Bunaken Kepulauan.

 

Sementara, bila merujuk pada regulasi Permenkes Nomor 75 Tahun 2014, jika sampai 2020 belum terakreditasi, secara otomatis kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terputus.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ivan Marthen mengatakan, di tahun ini 2 puskesmas tersebut ditargetkan akan terakreditasi. "Namun sifatnya belum final, sebab masih ada kelonggaran waktu untuk akreditasi,"ungkapnya kepada Manado Post Online Selasa (25/6).

Dia menjelaskan, ada beberapa hal yang dinilai dalam upaya mendapatkan akreditasi diantaranya, ada dari Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), sarana dan prasarana di jalan, sampai Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). "Jadi program pemberdayaan masyarakat apa saja yang selama ini sudah dilakukan menjadi bahan pinilaian dan tentunya juga dengan persiapan-persiapan workshopnya,"ucapnya

"Jadi program apa saja yang sudah dilaksanakan menjadi parameter penilaian tim survei. Kurang lebih 16 indikator yang menjadi penilaian baik UKP maupun UKM yang kemudian dikategorikan menjadi akreditasi dasar, akreditasi madya, utama, serta paripurna,"kata eks Kabid Dinkes ini.

Terkait regulasi Permenkes, diterangkannya, sampai sekarang kedua puskesmas masih berkerja sama dengan BPJS kesehatan. "Intinya kita terus mengejar dan tahun ini kita upayakan sudah bisa terakreditasi semua Puskesmas,"tukasnya(opn)

Nama Puskesmas dan Jenis akreditasi di Kota Manado:

1) Bunakem Kepulauan : Belum
2) Tongkeina : Dasar
3) Bailang : Belum
4) Tuminting : Madya
5) Komnos : Madya
6) Wawonasa : Madya
7) Paniki Bawah : Dasar
8) Bengkol : Madya
9) Ranomuut : Dasar
10) Tikala Baru : Dasar
11) Wenang :Madya
12) Teling Atas : Madya
13) Ranotan Weru : Madya
14) Sario : Dasar
15) Bahu : Madya
16) Minanga : Dasar

Kirim Komentar