24 Jun 2019 09:28

Pemprov Moratorium Pengangkatan Guru Honorer

MyPassion
Grace Punuh

MANADOPOSTONLINE.COM—Pengangkatan guru non Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau honorer di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun ini mulai dibatasi. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut Grace Punuh, Minggu (23/6) kemarin. Menurutnya, pembatasan tersebut sesuai dengan instruksi pusat dan pendataan kepegawaian.

 

"Ia tahun ini memang kita lakukan pembatasan pengangkatan guru non PNS atau guru honorer, karena memang sesuai dengan instruksi pusat. Saat ini kita juga masih memiliki banyak guru non PNS di daerah. Selain itu, saat ini Pemprov memulai disiplin dalam pendataan pegawai," tuturnya.

Punuh menegaskan bahwa semua kepala SMA dan SMK dilarang secara mandiri melakukan pengangkatan guru non PNS atau honorer. Jika didapati ada kepala sekolah atau oknum lain yang melakukan pengangkatan secara mandiri akan dikenakan sanksi.

"Masalah anggaran adalah hal utama dalam pengangkatan guru non PNS atau honorer. Pasalnya, anggaran untuk gaji telah tertata sesuai jumlah yang ada saat ini. Kan, saat ini guru non PNS kita mendapatkan upah yang sesuai UMP. Karena itu kita melarang dengan tegas ada oknum kepsek yang melakukan rekrutmen secara mandiri. Kita bakal sanksi jika ada yang di temukan," ujarnya.

Sementara itu, pengamat pemerintahan Dr Alfons Kimbal mengatakan, honorer dengan jumlah banyak dan memiliki satu keahlian tidak akan menguntungkan bagi daerah.

"Ya kalau honorer atau THL banyak, maka PNS akan jadi malas. Apalagi jika dominasi THL, hanya staf administrasi. Harusnya pengangkatan THL harus sesuai kebutuhan. Jadi yang tenaga khusus, seperti pendidikan, kesehatan serta insinyur bangunan dan penyuluh pertanian yang direkrut. Harus khusus, dan kerjanya dilapangan. Kan sesuai kebutuhan," ucapnya.

Kimbal juga mengatakan, pemberian upah pada THL harus diukur dengan kinerja yang maksimal. Jangan sampai, anggaran terbeban dan tidak memberikan kontribusi besar terhadap jalannya roda organisasi pemerintahan. Harus ada sistem yang tepat dalam pengukuran kinerja. (tr-02/can)

Kirim Komentar