24 Jun 2019 08:56
OD-SK Tiada Tanding di Pilgub

Carlo Cs Masuk Bursa, Ini Nama-nama yang Layak Cagub Sulut

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Santer terdengar, Gubernur Olly Dondokambey (OD) bakal masuk kabinet Jokowi-Maruf Amin, Oktober mendatang. Jika ini terjadi, suksesi Sulut 1 dipastikan superseru.

 

Irjen Pol Carlo Tewu Cs dinilai layak masuk bursa. “Jika OD masuk kabinet, Pilgub Sulut belum bisa dipastikan pemenangnya. Superseru,” nilai sejumlah pecandu politik daerah ini. “Kalau OD-SK masih maju, keduanya tiada tanding,” tambah mereka.

Apa yang disampaikan ini bukan tanpa alasan. Hasil pemilihan legislatif (Pileg) April lalu jadi ukuran. Seperti disampaikan pengamat politik Sulut Dr Stefanus Sampe.

“PDI Perjuangan nyaris meraih empat kursi DPR RI dan menang di 10 kabupaten/kota juga jadi runner up di lima daerah lain. Faktor OD sangat kental terasa atas keberhasilan ini,” tukasnya.

Disamping itu dia mengakui, umumnya Pilkada tanpa petahana lebih seru. Hal tersebut karena persaingannya lebih ketat. Tetapi dinilainya, walaupun OD masuk kabinet, tidak akan mudah mengalahkan PDI Perjuangan dalam Pilgub nanti.

"Sebab hasil pemilu kemarin memposisikan PDI Perjuangan sebagai kekuatan politik terbesar di Sulut. Tentunya sangat mempengaruhi dinamika politik di daerah ini. Sehingga sekalipun OD naik ke menteri, tetap PDI Perjuangan di Sulut masih tangguh," sebutnya.

Adapun terkait kandidat yang bakal diusung nanti, harus dilihat dari beberapa faktor. Pertama, kandidat harus populer atau dikenal masyarakat. Kemudian karena politik kedaerahan masih kuat di Sulut, latar belakang asal usul kedaerahan dari kandidat menjadi pertimbangan penting. Untuk mengumpulkan suara.

123
Kirim Komentar