22 Jun 2019 08:24

Harga Tiket `Terbang Rendah`, Manado Jakarta 1,5 Juta

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Pengguna jasa transportasi angkutan udara di Sulawesi Utara bisa sedikit bernapas lega. Maskapai berbiaya rendah atau Low Cost Carrier (LCC) mulai menerapkan harga tiket rendah.

 

Saat mengecek ke sejumlah biro jasa penyedia tiket pesawat tujuan favorit semisal Manado-Jakarta. Harga jualnya kini melorot ke angka Rp 2,2 jutaan.

Bahkan di Maskapai Berkepala Singa (Lion Air), harga tiket tujuan Manado-Jakarta dibanderol tak lebih dari Rp 1,5 juta sekali trip.

“Pemerintah sudah lihat sendiri, bagaimana kondisi pariwisata kita. Jumlah penumpang domestik selang momen Idul Fitri kemarin,  turun sekira 28 persen. Dan ini jadi sejarah kali pertama. Tapi kabar baiknya, saat mengakses Jumat (21/ 6) dini hari, harga tiket mulai turun. Manado-Jakarta yang biasanya ada di angka 2,6 jutaan, kini bisa dimiliki cukup dengan 1,5 jutaan,” ujar Ketua ASITA Sulut Merry Karaouwan.

Ia menambahkan komitmen pemerintah harusnya bisa lebih memihak kepada masyarakat dan pelaku usaha di bidang tourism. “Bukannya kepada maskapai atau perusahaan yang berafiliasi di bidang ini,” tandasnya.

Sementara itu dari perwakilan Maskapai LCC, mantan Branch Manager Citilink Manado Tia Nugraha, yang kini memegang jabatan di Jakarta. Menyatakan memang ada penurunan harga tiket.

Terlebih jika masyarakat menggunakan member dari maskapai. “Misalnya pakai member Citilink, jatuhnya bisa lebih murah lagi itu. Tapi secara keseluruhan kebijakan ini masih dikaji oleh manajemen,” ujar Nugraha.

Lain halnya dengan General Manager Garuda Indonesia Branch Manado Mac Fee Kindangen. Kata Kindangen, kebijakan soal penurunan harga tiket sesuai dengan arahan pemerintah pusat. Hanya berlaku di maskapai bertipe LCC.

Sementara untuk Garuda yang menerapkan pelayanan full services dipastikan tak mengalami perubahan banyak. “Kalau pun ada perubahan itu pastinya langsung diinsiasi dari pusat. Tinggal diaplikasikan ke daerah. Aturan ini pastinya wajib dipatuhi penyedia jasa,” singkatnya.

Sebelumnya, di pertengahan Mei lalu pemerintah telah menurunkan Tarif Batas Atas maskapai sekitar 12-16 persen. Dari kebijakan itu, rata-rata tarif batas atas maskapai turun 15 persen nantinya.(tr-05/jul)

Kirim Komentar