20 Jun 2019 14:47

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

MyPassion
Herry Bogar

MANADOPOSTONLINE.COM—Sekretaris Kabupaten Kepulauan Sitaro Drs. Herry Bogar, MM. menghadiri Rapat Koordinasi BPBD se-Sulut, yang dibuka langsung Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. Dalam arahannya Monoardo mengatakan, Indonesia merupakan negara yang dikepung tiga lempeng yakni Euroasian, Pasific dan Hindia-Australia. "Maka dengan posisi itu, saat ini kita hidup di kawasan bencana," tuturnya

"Sehingga kesiapsiagaan perlu dilakukan sejak dini. Termasuk segala upaya untuk mempersiapkan strategi, peringatan dini dan latihan secara komprehensif baik petugas BPBD serta masyarakat," ucapnya lagi.

Sementara itu, Bogar menyatakan, pemerintah pusat dalam hal ini BNPB, juga memberikan perhatian terhadap potensi kebencanaan di Bumi Karamando. Hal ini ditunjukkan dengan, rekomendasi soal penanganan bencana Gunung  Api Karangetang, lebih khusus terkait tanggap darurat.

"Dan hal tersebut menjadi pedoman dan bekal kita, ketika sewaktu-waktu terjadi bencana di Sitaro. Tak hanya ancaman gunung berapi, rekomendasi serupa juga diberikan soal penanganan tanah longsor, banjir dan lainnya," terang Bogar.

"Sebab  penanganan bencana ini kan memang difokuskan untuk penyelamatan jiwa. Dalam meningkatkan kesiapsiagaan kami juga telah memasang sirine di daerah bencana lelehan lava waktu lalu. Sehingga saat terjadi potensi bencana, langsung dibunyikan kemudian masyarakat berkumpul di titik kumpul dan dievakuasi," sambung Kepala BPBD Sitaro Bob Wuaten.(drp/jul)

Kirim Komentar