20 Jun 2019 14:04

RSUD Manado Tunggu Review DED

MyPassion
Ivan Sumenda Marthen

MANADOPOSTONLINE.COM—Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Manado tunggu review  Detail Engineering Design (DED). Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado Ivan Sumenda Marthen. Menurut dia, sebenarnya persyaratan pencairan dana pembangunan RSUD dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sudah lengkap.

Tapi ketika dikonsultasi di Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah  (TP4D) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut, pihak TP4D meminta DED di-review. "Sementara syarat pencairan dana dari PT SMI harus ada izin membangun. Di dalamnya memiliki DED, amdal, masterplan, dan IMB," sebutnya.

Dia menjelaskan, jika DED sudah selesai di-review Dinas PUPR Kota Manado sebagai instansi teknis, akan dimasukkan di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk mendapatkan izin membangun. Dia mengakui, pencairan pinjaman dari PT SMI sulit. Harus memenuhi semua persyaratan. "Begitu juga kontraktor yang membangun harus memenuhi syarat dari PT SMI. Kalau tidak maka anggarannya tidak bisa cair," katanya.

Dia mengatakan, pembangunan RSUD Kota Manado dengan anggaran Rp 90 miliar ini tidak mengenal tahun anggaran. Karena di perencanaan pembangunan sampai 14-15 bulan. "Artinya kalau dibangun tahun ini akan selesai tahun 2020. Kami berharap proyek selesai sesuai harapan sehingga bisa segera dioperasikan," pungkasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar