20 Jun 2019 14:42

Lagi, Jaringan Telekomunikasi di Sangihe Terganggu

MyPassion
Ilustrasi jaringan telekomunikasi.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Fasilitas Palapa Ring yang dibangun awal 2019 oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Republik Indonesia di Kabupaten Kepulauan Sangihe mulai dipertanyakan. Karena sampai saat ini belum bisa dimanfaatkan.

 

Menurut warga, bukan hanya Palapa Ring tidak berfungsi. Signal internet di wilayah yang berbatasan dengan Filipina tersebut justru semakin parah. Termasuk jaringan telepon telekomunikasi ikut memburuk. “Bukan hanya internet lamban, jaringan telepon seluler buruk. Sampai-sampai kami harus berulang-ulang berbicara di ponsel karena tidak jelas apa yang didengar,” ungkap Tian Tahulending, salah satu warga Tahuna.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs Irklis Sombonaung dikonfirmasi wartawan, tak menepis belum berfungsinya Palapa Ring di Sangihe. Bahkan menurutnya, fasilitas Palapa Ring masih terkendala kerja sama dan kesepakatan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dan provider.

“Terkait Palapa Ring dan keluhan warga soal lambannya internet dan jaringan seluler, sudah kami sampaikan ke pihak terkait,” katanya, sembari menambahkan, saat ini masih menunggu permasalahan teknis yang sedang ditempuh BAKTI dan pihak provider.

“Memang untuk pekerjaan instalasi Palapa Ring sudah selesai akhir 2018. Tinggal proses runningnya yang belum terealisasi. Kendalanya diupayakan BAKTI selaku mitra kerja,” ungkap Sombonaung. Dia menambahkan, provider yang rencananya akan menggunakan fasilitas Palapa Ring di Sangihe diantaranya PT Telkom, Lintas Arta, dan Net One.(wan/gel)

Kirim Komentar