19 Jun 2019 14:29

Serapan Anggaran Masih Seret, Puluhan Peda di Bitung Rapor Merah

MyPassion
Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 21 perangkat daerah (peda) mendapat raport merah terkait penyerapan anggaran (lihat grafis). Hal ini terungkap dalam Rapat Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA), di Kantor Wali Kota Bitung, Selasa (18/6) kemarin.

 

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Bitung Ferdinand Tankudung SIP MSi mengatakan, peda diklasifikasi berdasarkan beberapa kategori terkait serapan anggaran. Kategori hijau serapan anggaran 50 persen ke atas, kuning 40 persen ke bawah, dan merah 10 persen ke bawah.

"Ada 22 peda kategori warna hijau, 34 peda kuning, dan 21 peda merah," katanya.

Menurutnya, evaluasi ini untuk melihat kinerja peda apa mampu menyerap anggaran yang diberikan. “Memang sebagian belum maksimal,” katanya. Namun menurutnya, untuk beberapa peda ada juga alasan mendasar. Misalnya seperti sumber anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). “Biasanya harus menunggu juknis (petunjuk teknis, Red) dulu sebelum direalisasikan,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bitung Albert Sarese mengatakan, sebagian besar kelurahan yang masuk kategori merah karena terkait dana kelurahan (dahan).

“Evaluasi ini dalam rangka mengajak untuk melakukan percepatan. Ketika terkait dengan mekanisme barang dan jasa maka harus ada proses lelang. Jadi ketika belum lakukan lelang, harus segera lakukan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Bitung Dr Audy Pangemanan, menggarisbawahi kelurahan yang belum memasukan laporan Rencana Umum Pengadaan (RUP).

"Harus segera mungkin untuk masukan laporan RUP. Mohon ibu bapak lurah untuk menjadi perhatian,” ucap Pangemanan yang memimipin rapat EPRA dirangkaikan Evaluasi PAD.

Pangemanan pun, mewaring agar semua peda memacu serapan anggaran, termasuk PAD dan PBB. Dia juga yakin, realisasi anggaran biasanya melonjak di akhir tahun.

“Tetapi tetap, khusus lurah-lurah kita push untuk senantiasa pro aktif,” katanya.(tr-61/can)

Kirim Komentar