19 Jun 2019 15:23
Warga Was-was, Keselamatan Jadi Taruhan

Ruas Jalan Manado-Tondano Terancam Ambruk

MyPassion
Kondisi ruas jalan Manado-Tondano via Desa Suluan, Kecamatan Tombulu, perlu penanganan secepatnya oleh dinas terkait.(Lerby/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Ruas jalan yang menghubungkan Kota Manado dan Tondano terancam putus. Pasalnya, di salah satu titik jalan yang berada di Desa Suluan, Kecamatan Tombulu, nyaris amblas. Apalagi, dalam beberapa hari belakangan,  intensitas curah hujan yang mengguyur daerah tersebut, membuat sebagian badan jalan terdampak. Kontur tanah yang lembek diduga ikut memperparah kondisi.

Gerald Rosok pengendara desa sekitar,  yang sering melintasi ruas jalan itu menyebutkan, jika tidak secepatnya ditangani oleh pemerintah maka jalan tersebut akan putus total saat hujan deras terjadi.

"Kami sebagai pengendara tentu menjadi was-was kala melintasi jalan tersebut. Apalagi cuaca sedang hujan seperti saat ini," ucapnya saat diwawancarai Selasa (18/6) kemarin.

Ditambahkan Berty Koagouw (40) warga Suluan, kondisi di jalan tersebut memang sebelumnya sudah beberapa kali terjadi longsor. Sekarang kondisi tebing sudah sama rata dengan jalan. Hal itu kata dia, dapat mendorong ambruknya jalan dikarenakan tertimpa material longsor nantinya. Melintas di ruas jalan tersebut, ibarat mempertaruhkan keselamatan, kata dia.

"Kondisi tebing sudah terkikis. Bahkan sudah rata jalan. Jika hujan terus mengguyur, longsor bisa kembali terjadi dan jalan bisa putus," sebutnya.

Sebelumnya Kepala Dinas PUPR Provinsi Sulut Steve Kepel mengakui pihaknya akan segera turun melakukan pekerjaaan ruas jalan Manado-Tondano. Bahkan, kata dia, ruas jalan tersebut menjadi pekerjaan pertama yang akan dilakukan Dinas PUPR Sulut tahun ini di Kabupaten Minahasa.

"Anggarannya sudah ada. Dari sembilan jalan yang akan diperbaiki, salah satunya kita akan mulai untuk ruas jalan Manado-Tondano. Bukan hanya perbaikan tetapi juga peningkatan dan pelebaran jalan," sebut Kepel.(tr-03/jul)

Kirim Komentar