19 Jun 2019 14:51
Akibat Kekurangan Es

Kualitas Rendah, Ikan Nelayan Sangihe Ditolak

MyPassion
Ernist Unas

MANADOPOSTONLINE.COM—Beberapa waktu terakhir ini hasil tangkapan ikan beberapa nelayan Sangihe ditolak pengusaha. Dikarenakan mutu dan kualitas ikan pasca tangkapan tersebut menurun. Alhasil nelayan harus membuang hasil tangkapan mereka ke laut. Menyikapi hal ini Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemkab Sangihe Ernist Unas mengimbau nelayan memperhatikan kualitas ikan hasil tangkapan.

“Hasil yang diperoleh pengelola, kualitas ikan tidak layak diimpor. Sehingga pengusaha menolak membeli,” sebutnya, sembari meminta nelayan Sangihe harus memperhatikan proses pasca tangkap. Dengan menyediakan es. Guna menjamin ikan tetap segar.

“Jadi nelayan perlu menyediakan es. Juga harus menjaga kualitas ikan tersebut. Karena memang hasil yang dibuang itu mutunya tidak bagus. Dan hasil konfirmasi kami dengan Pelabuhan Perikanan Dagho, mutu ikan itu sudah sangat jelek,” kata Unas.

Diakuinya, pabrik es di Sangihe minim. Sehingga masyarakat menggunakan es buatan sendiri. “Kendala bagi kami juga pabrik es di Sangihe kurang. Ada beberapa tidak berfungsi. Sehingga masyarakat nelayan masih menggunakan es home industri,” tandasnya.(wan/gel)

Kirim Komentar