19 Jun 2019 14:35
Evaluasi Kinerja Pelayanan Mendesak

Komisi II Sesalkan Dugaan Maladministrasi RS Bethesda

MyPassion
Piet Pungus

MANADOPOSTONLINE.COM—Upaya peningkatan kualitas layanan publik, lintas sektor yang terus digalakkan pemerintah. Disayangkan belum mampu diterjemahkan secara keseluruhan di Kota Tomohon. Pasalnya, dari penyediaan layanan kesehatan publik.

Dikatakan, Anggota Komisi II DPRD Kota Tomohon Piet Pungus, semua pihak baik eksekutif hingga swasta, sepakat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Tapi kenyataannya, hal ini belum mampu dijalankan secara optimal oleh pihak RS Bethesda. Meninggalnya korban persalinan beberapa waktu lalu, mengindikasikan masih perlunya perbaikan di bidang ini," kritik Pungus

Lanjut dia, padahal salah satu program utama bidang kesehatan. Yang terus didorong pemerintah pusat hingga ke daerah. Yakni, menekan angka kematian ibu akibat persalinan. Dirinya pun mendukung pihak keluarga korban, untuk mendapatkan penjelasan yang otentik dan logis, perihal penyebab kematian korban.

"Bisa jadi, ada kemungkinan malpraktek di sana. Saya tinggal dekat dan kenal baik dengan korban. Pihak RS wajib memberikan serta membeberkan fakta-fakta kematian almarhumah. Karena jadi tanda tanya besar ini, dan secara tidak langsung mencoreng nama Kota Tomohon, yang punya kredit tersendiri di bidang penyediaan jasa kesehatan. Apalagi, background pelayanan di sana (Bethesda, red) berdasarkan kasih, harusnya bukan begini," ketusnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Tomohon pun menyatakan, siap mengevaluasi kinerja RS yang dikelola oleh Yayasan Medika GMIM ini. Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr Deissje Liuw, pengumpulan keterangan via Komite Medik RS Bethesda, jadi bahan pengambilan keputusan ke depannya. Seperti apa nantinya, mekanisme pelayanan persalinan yang lebih menjamin keselamatan ibu serta anak.

"Masih menunggu hasil penyelidikan Komite Medik RS Bethesda, setelah itu baru kita mengkaji, kebijakan apa yang nantinya diterapkan, tak hanya di Bethesda, tapi semua RS yang ada di Kota Tomohon. Ini jadi evaluasi kita tentunya," tukas Liuw.(mwa)

Kirim Komentar