19 Jun 2019 10:47

Genjot Kredit Produktif di Sulut

MyPassion
Slamet Wibowo

MANADOPOSTONLINE.COM—Hingga Bulan April tahun ini, secara keseluruhan pertumbuhan bisnis perbankan di Sulut tercatat mengalami perlambatan. Bahkan, masih seperti periode-periode sebelumnya, bank masih dominan menjamin kebutuhan masyarakat, ditandai dengan dominannya kucuran kredit konsumtif ketimbang produktif.

 

“Secara keseluruhan penyaluran kredit di Sulut mencapai Rp37,93 triliun, tumbuh sekitar 7,55% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kalau secara komposisinya, kredit konsumsi tercatat masih cukup tinggi. Meski begitu, realisasi kredit investasi dan kredit modal kerja sudah menunjukkan pertumbuhan yang cukup positif,” ungkap Kepala OJK Sulutgomalut Slamet Wibowo, beberapa waktu lalu

Pertumbuhan kredit tersebut tercatat pun tergolong rendah jika  dibandingkan tahun sebelum. Di tahun lalu dengan periode yang sama tercatat pertumbuhan kredit perbankan di Sulut tembus 9,74%. Atau hampir dua digit.

Pihaknya berharap seluruh pelaku industri perbankan di Nyiur Melambai dapat menggenjot penyaluran kredit sesuai dengan target nasional di kisaran 12%—13%. Utamanya kredit produktif, yang diharapkan bisa meruntuhkan dominasi kredit konsumtif.

“Makanya kami tantang beberapa bank yang memang segmen produktifnya perlu digenjot untuk lebih ekspansif. Terutama dengan adanya KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) di Sulut,” pungkasnya.(jul)

Kirim Komentar