18 Jun 2019 13:58

Wabup: Perawatan Kendis Wajib, Jangan Hanya Tahu Pakai

MyPassion
John Palandung

MANADOPOSTONLINE.COM—Keberadaan  aset daerah seperti kendaraan dinas (Kendis), seringkali jadi hal yang terabaikan di satu pemerintahan. Namun, tak seperti di Kabupaten Kepulauan Sitaro, hal ini nyatanya, mendapatkan atensi dari pihak eksekutif. Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Drs. John Palandung, M.Si, yang menyatakan, sudah sewajibnya bagi seluruh ASN yang dipercayakan mendapatkan Kendis, untuk menjaga sebaik mungkin aset yang telah dipinjamkan.

"Sebab aset negara harus dijaga dengan baik. Apalagi, setiap SKPD, memiliki anggaran pemeliharaan kendaraan masing-masing. Jangan ada yang terkesan mengabaikan tanggung jawab dan hanya menggunakan saja. Perlakukan kendaraan plat merah ini seperti kendaraan pribadi. Jika dibiarkan maka kami juga berhak menarik fasilitas dinas tersebut," tegasnya

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Retribusi Daerah Samuel Raule menjelaskan,  ada agenda apel Kendis setiap tahun yang dilakukan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh setiap plat merah yang ada. "Baik dari kelayakan, surat, pajak, kebersihan dan perawatan kendaraan secara keseluruhan," jelasnya.

"Tentu dalam kegiatan tersebut,  ada  punishmen juga jika pemilik Kendis  tidak benar-benar mengurus  asetnya tersebut, bisa langsung penarikan. Ini sesuai dengan instruksi kepala daerah. Saat ini secara keseluruhan, ada sekira 501 Kendis se-Sitaro yang terdiri dari 117 kendaraan roda empat dan 384 roda dua," kuncinya.(drp/jul)

Kirim Komentar