18 Jun 2019 09:15

Pilkada 2020 di Sulut Kans Habiskan 266 Miliar

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Tahapan pilkada 2020 dimulai September. Untuk Sulawesi Utara (Sulut), akan digelar pemilihan gubernur dan pemilihan tujuh kepala daerah. Anggaran pun mulai dibahas. Beberapa Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mengusulkan anggaran ke pemerintah daerah.

Ada yang mematok sesuai anggaran Pilkada lima tahun silam, ada juga menaikkan usulan. Jika ditotal, diprediksi anggaran yang akan dihabiskan untuk Pilkada serentak 2020 sebanyak Rp 266 miliar. Angka inipun diperkirakan masih akan bertambah.

Ketua KPU Bitung Deslie Sumampouw menuturkan pentas demokrasi lima tahunan ini diprediksi akan menghabiskan Rp 42 miliar. “Untuk tahun ini kita usul 5,6 miliar, tahapan empat bulan sampai Desember. Sisanya diusulkan di APBD 2020,” ujar Sumampouw.

Kemudian Ketua KPU Manado Sunday Rompas mengatakan, pihaknya sudah menyusun rencana anggaran untuk Pilkada Kota Manado. Sebanyak Rp 49 miliar. “Nantinya anggaran ini akan diusulkan ke Pemerintah Kota Manado untuk mendapatkan hibah,” ujarnya.

Disampaikan Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga, Juni ini, masih dalam tahapan penyusunan regulasi. "Nanti kami di daerah, Juni sampai Agustus mempersiapkan rencana kegiatan dan anggaran," ujarnya saat ditemui, Senin (17/6). Saat ditanyakan terkait usulan anggaran untuk Pilkada, Sambuaga masih enggan membeberkan jumlah tepat anggarannya.

"Untuk usulan anggaran kita memang belum tentukan. Karena rapat awal baru kita gelar hari ini (kemarin, red) untuk anggaran. Nantinya masih akan dibahas dalam beberapa kali rapat lagi hingga pleno sambil berkoordinasi dengan Pemkab Minsel," katanya.

12
Kirim Komentar