18 Jun 2019 09:51

LPSE Jangan Persulit Layanan

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Pengurusan dokumen yang berlangsung di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) serta pemerintah 15 kabupaten/kota harus berjalan dengan mudah.

 

Pendamping tenaga pengelola LPSE, serta pelayanan harus diberikan secara penuh. Tidak ada kantor LPSE di 15 kabupaten/kota yang bisa menolak ataupun mempersulit semua pengurusan dokumen pengadaan serta pengurusan perusahaan baru.

"Jadi langsung lapor atau gugat jika ada kantor LPSE yang tidak mau melakukan pelayanan. Bukan hanya itu, jika ada yang mempersulit atau menghambat semua proses bisa langsung laporkan ke kita. Bakal kita tindak lanjuti hal tersebut. Sekarang semua sudah berjalan secara online. Tidak ada yang ditutup-tutupi.

Semua transparan. Karena itu, Sumber Daya Manusia (SDM) di LPSE harus membantu. Tidak ada yang ribet sekarang. Dokumen lengkap, langsung diproses. Masyarakat harus berani dalam menuntut hak pelayanan," ungkap Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Sulut Jemmy Ringkuangan, Senin (17/6).

Dirinya mengatakan, implementasi sistem elektronik ini, diharapkan proses pengadaan lebih cepat, efisien, efektif tanpa meninggalkan asas akuntabilitas dan transparan, sesuai yang diinginkan pemerintah pusat.

Sehingga pemerintah daerah, menurut Ringkuangan, bertugas untuk membantu pihak yang berkaitan dengan pengadaan untuk mempercepat proses secara transparan. Tidak boleh, menurut Ringkuangan, ada oknum di daerah yang sengaja memperhambat proses pengurusan dalam LPSE.

"Saat ini sistem baik pusat, provinsi dan kabupaten/kota semua sudah ada. Sudah terkoneksi. Ini adalah cita-cita untuk membuat pelayanan dan pengadaan semakin cepat. Jangan ada oknum yang menghambat proses tersebut. Silahkan saja gugat jika ditemukan.

Masyarakat harus berani. Kita yang akan cover jika ada oknum yang nakal terhadap masyarakat. Dengan melakukan serapan fisik, maka peran LPSE sangat penting. Jadi semua SDM yang ada di LPSE harus terus mempermudah semua pengurusan. Dan ini hal wajib," tandasnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar