18 Jun 2019 13:57

Komitmen dan Asas Transparansi Kunci WTP

MyPassion
Bupati Evangelian Sasingen, berfoto bersama dengan jajaran kepala OPD usai syukuran WTP keenam, Senin (17/6) kemarin.(Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, melaksanakan ibadah syukur, atas keberhasilan meraih Opini WTP keenam kalinya secara beruntun, Senin (17/6) kemarin. Bupati Sitaro Evangelian Sasingen, dalam arahannya mengatakan capaian WTP telah diraih Sitaro sejak Tahun 2013 silam. "Namun ini terasa sangat istimewa, sebab bagi saya raihan WTP ini merupakan perdana dalam memimpin Sitaro," ucapnya

"Memang, untuk meraih Opini WTP keenam kalinya, bukanlah hal yang mudah. Apalagi setiap hari kerja semakin berat, karena item pekerjaan semakin banyak. Di sisi lain, ketatnya pemeriksaan yang dilakukan tim pemeriksa, menjadi tantangan tersendiri," tuturnya.

Apalagi tambahnya, tim pemeriksa menggunakan sistem pelaporan keuangan berbasis aktual (Actual Basis). "Basis aktual adalah penyandingan pendapatan dan biaya pada periode di saat terjadinya kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, bukan pencatatan pada saat pendapatan tersebut diterima ataupun biaya tersebut dibayarkan (Cash Basis). Dan hal tersebut, tidaklah mudah," jelas Sasingen.

"Namun paling pokok untuk mempertahankan WTP adalah komitmen, sistem harus jalan bersama asas transparansi. Hal tersebut membutuhkan treatment khusus, yang wajib dilakukan. Kita juga berkomitmen apa yang menjadi catatan akan segera ditindaklanjuti. Maka saya mengimbau kepada SKPD pasca raihan WTP lalu, seluruh catatan harus dilengkapi sebelum batas waktu 60 hari," kuncinya.(drp/jul)

Kirim Komentar