18 Jun 2019 13:45

Incar DID Tahun 2020, Eksekutif-Legislatif Sitaro Sepakat Percepat APBD-P

MyPassion
Ilustrasi.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro melaksanakan Sidang Paripurna dalam rangka Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda)  Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2018, Senin (17/6) kemarin. Di Ruang Sidang  DPRD, Kelurahan Bebali, Kecamatan Siau Timur.

Ketua Dekab Sitaro Djohn Ponto Janis dalam kesempatan tersebut, memberikan selamat dan apresiasi kepada pemerintah daerah, karena mampu mempertahankan dan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI yang keenam kali secara beruntun.

"Tentu sudah tidak dapat dipungkiri, pengelolaan keuangan daerah di Sitaro terus mengalami peningkatan, apalagi saat ini di bawah kepemimpinan Bupati Evangelian Sasingen, dan Walil Bupati John Palandung. Mampu membuktikan keberhasilannya lewat capaian WTP. Tentunya ini adalah kerja yang baik," ucapnya

Janis juga berharap Pemkab dan Dekab dapat terus bersinergi, serta berkomitmen mempercepat pembahasan terkait APBD Perubahan Tahun 2019, agar tepat waktu. "Karena dengan percepatan pembahasan APBD-P, tentu semakin memperbesar peluang Sitaro untuk kembali menerima Dana Insentif Daerah (DID), di tahun mendatang," terangnya.

Sementara itu Bupati Evangelian Sasingen dalam pengantarnya mengatakan, kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial belaka. "Sebab ini merupakan wujud Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 sebagai perubahan nomor 9 tahun 2015. Pemerintah daerah berkewajiban membuat laporan keuangan paling lambat 6 bulan setelah berakhirnya tahun anggaran dan subtansinya adalah capaian tahun anggaran yang sudah dilaksanakan," terangnya.

Ia menambahkan, Opini WTP yang diraih juga dapat dijadikan motivasi dan dorongan DPRD dalam melaksanakan fungsi anggaran, legislasi dan pengawasan. "Kegiatan ini juga selain jadi implementasi Undang-Undang Nomor 71 Tahun 2010,  merupakan bagian hubungan kemitraan dengan DPRD Sitaro. Rekomendasi DPRD harus ditindaklanjuti dan dilaporkan secara berjenjang," tuturnya.

Eva, sapaan akrab bupati, juga menyambut baik terkait adanya upaya DPRD untuk mempercepat pembahasan APBD-P P Tahun 2019, agar tepat waktu. "Tentu ini menjadi PR kita semua, untuk menyelesaikan tantangan ini, agar Sitaro kembali mendapatkan DID," kuncinya.(drp/jul)

Kirim Komentar