18 Jun 2019 14:11

Budi Daya Ikan Dongkrak Ekonomi di Kotamobagu

MyPassion
Kolam budi daya ikan di Desa Bungko, Kecamatan Kotamobagu Selatan.(Claudia/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Keberadaan pembudidaya ikan ternyata mampu mendongkrak produksi ikan di Kota Kotamobagu. Salah satunya kelompok Toya Naton dari Desa Bungko, Kecamatan Kotamobagu Selatan. Kelompok Toya Naton membudidaya beberapa jenis ikan. Selain ikan nila, kelompok ini juga membudidayakan ikan jenis gurame dan ikan mas.

Menurut salah satu anggota kelompok Toya Naton, Isan Pokona (40), peluang usaha ternak ikan terus terbuka lebar. Kemunculan budi daya ikan ini dapat memberikan hasil yang cukup baik. "Belum lama ini kelompok kami berdiri, namun sudah banyak orang yang datang membeli baik yang ikan produksi, maupun masih dalam bentuk bibit nila," kata Isan.

Dengan ukuran kolam ikan kurang lebih 20x30 meter, kelompok ini mampu memproduksi ikan dengan ratusan kilogram, apalagi pada hari-hari besar tertentu. 

"Harga ikan bervariasi. Ada yang Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu per Kg untuk ikan gurame. Biasanya permintaan ikan itu meningkat pada hari-hari besar seperti lebaran dan Natal. Penjualannya bisa sampai ratusan kilogram," bebernya.

Bahkan, kelompok budi daya ikan yang beranggotakan lima orang ini pernah mendapat bantuan 6 ribu bibit ikan dari pemerintah Kota Kotamobagu. "Pernah beberapa waktu lalu, kami diberikan bantuan bibit ikan jenis nila sebanyak 6 ribu bibit," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu Muljadi Suratenodjo mengatakan, pihaknya terus mendorong pembudidaya ikan yang ada di Kotamobagu.

Selain memberikan bantuan bibit ikan, pihaknya juga terus melakukan pendampingan dan pengawasan untuk lebih meningkatkan produksi ikan di Kotamobagu. "Ini menjadi fokus kami bagaimana menjadikan Kotamobagu sebagai sentra produksi ikan yang ada di Sulut,” ujarnya.

Menurut dia, dengan disalurkan bantuan bibit, pakan hingga melakukan pendampingan perikanan bagi kelompok budi daya ikan diharapkan produksi ikan di Kotamobagu semakin meningkat. “Ini juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi para pembudidaya ikan," pungkasnya.(tr-06/ite)

Kirim Komentar