18 Jun 2019 10:06
Bakal Lanjut Lapor ke DKPP

Bawaslu: KPU Manado Langgar Administrasi Pemilu

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Gugatan Herry Kolondam di Bawaslu RI terhadap KPU Kota Manado diputus, Senin (17/6), kemarin. Hasilnya menyatakan jika KPU Manado melanggar administrasi pemilu.

 

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan bidang pemenangan pemilu Lucky Senduk menyatakan putusan tersebut akan ditindaklanjuti partai. “Kita akan lapor ke DKPP terkait hal ini,” sebut Senduk. Lebih jauh dia mengatakan, pihaknya juga menantikan persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk laporan yang sama.

“Jadi di Bawaslu RI menyatakan KPU Manado telah melakukan pelanggaran administrasi pemilu. Itu sejalan dengan aduan Herry Kolondam yang menilai jika KPU Manado tidak profesional. Untuk hasilnya kita serahkan ke Mahkamah Konstitusi,” tukasnya.

Kemudian setelah putusan ini, Senduk menjelaskan, terbuka bagi mereka melaporkan KPU Manado di DKPP. “Ini juga bagian dari pembelajaran karena 2020 nanti akan ada Pilkada di Manado. Jangan sampai terjadi hal yang sama,” tambahnya.

Putusan yang dikeluarkan Bawaslu RI menyatakan jika KPU Kota Manado terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran terhadap tata cara, prosedur, atas mekanisme rapat rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara peserta pemilu di tingkat kabupaten. Poin kedua, Bawaslu meminta KPU Sulut untuk memberikan peringatan tertulis pada KPU Manado.(gel)

Kirim Komentar