18 Jun 2019 14:00

20 Miliar Untuk Pilkada, KPU Boltim Susun Anggaran dan Program

MyPassion
Jamal Rahman

MANADOPOSTONLINE.COM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim sudah mulai menyusun program dan pengajuan anggaran terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Ketua KPU Boltim Jamal Rahman menyebutkan kisaran pengajuan anggaran, jika mengacu pada Pilkada 2015 lalu, hanya sebesar Rp 15 miliar. Namun, lanjutnya, untuk usulan Pilkada 2020 nanti pihaknya akan mengajukan lebih dari angka pada Pilkada 2015. "Rencananya kami akan mengajukan anggaran sekitar Rp 17-20 miliar. Yang pasti di atas angka pada Pilkada lalu," sebutnya.

Rahman pun menekankan anggaran tersebut baru bersifat usulan. Artinya masih belum pasti akan disetujui atau tidak. "Juli nanti sudah akan diusulkan. Tapi belum pasti usulan tersebut akan disetujui. Bisa saja berkurang," katanya.

Dia mengakui, pada Pilkada 2015 lalu ada anggaran yang harus dikembalikan. “Anggaran yang harus dikembalikan KPU sebesar Rp 3,5 miliar. Itu memang tidak bisa digunakan karena dana sengketa," ujarnya.

Untuk tahapan pencalonan sendiri, Rahman memastikan nanti akan dilakukan pada September. Mulai dari berkas calon independen, pengumpulan E-KTP hingga berkas-berkas calon yang diusung Parpol. "Untuk berkas pencalonan tahapannya nanti September," katanya.

Dia juga mengungkapkan, Pilkada 2020 salah satu titik fokusnya adalah meningkatnya jumlah pemilih. "Jumlah pemilih tetap menjadi prioritas. Insya Allah 2020 nanti bisa mencapai 100 persen," tutupnya penuh harap.

Sebelumnya, Bupati Boltim Sehan Landjar, sangat pendukung Pilkada Boltim 2020 bisa berjalan sukses dan damai. “Kami akan memberikan dukungan baik dalam bentuk penganggaran maupun dukungan personel untuk membantu suksesnya Pilkada Boltim 2020,” pungkasnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar