18 Jun 2019 10:20

12 Calon Bupati Minsel Ini Menguat

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM--Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 untuk Kabupaten Minsel tampaknya akan semakin ramai. Apalagi di media sosial (medsos), Pilkada yang tahapannya bakal dimulai September nanti sudah mulai gencar dibicarakan.

 

Masyarakat sudah mulai pasang memasangkan nama-nama yang mereka jagokan untuk meminang jabatan bupati dan wakil bupati. Seperti Michaela Elsiana Paruntu (MEP) yang adalah adik Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP), mantan Wakil Bupati Minsel Ventje Tuela dan beberapa kader Golkar seperti Moudy Tiwa dan birokrat  Franky Pasla yang menjabat Kadis Pertanian.

Kemudian ada incumbent Franky Donny Wongkar (FDW), birokrat sulut Gammy Kawatu dan Ricky Toemanduk. Serta beberapa internal PDI-P seperti Steven Lumowa dan Sandra Rondonuwu.

Nama pendatang baru Paulman Runtuwene dari Nasdem juga turut dijagokan. Kemudian ada nama ketua Demokrat Minsel Royke Kaloh juga sang istri Verna Inkiriwang. Kemudian ada pengusaha Roy Sondakh dan Pdt Letkol TNI Jefry Maramis yang juga menjadi buah bibir bakal meramaikan Pilkada 2020 mendatang.

Pengamat Politik Ferry Liando mengungkapkan, satu-satunya yang bisa menentukan peran politik Pilkada 2020 barulah sebatas hasil pemilu 2019. Peta politik akan lebih mudah dibaca setelah ada penetapan KPU.

"Hasil pemilu bisa menjelaskan parpol-parpol mana yang bisa mengusung calon sendiri atau parpol mana yang terpaksa harus membangun koalisi dengan parpol lain. Namun pengarunya pada elektoral masih amat sulit terbaca. Peta politik elektoral akan mudah terbaca jika sudah ada penetapan pasangan calon dari KPU," ujarnya, Senin (17/6)

Setelah KPU menetapkan, Liando mengatakan pemenang Pilkada sudah mulai bisa dilihat. "Saat itu (Pasangan Calon) sudah dipastikan siapa diusung oleh parpol, siapa berpasangan dengan siapa dan melawan siapa. Maka sudah mulai bisa dilihat mana yang bakal lebih unggul dari berbagai sudut pandang. Pengaruh electoral sangat ditentukan oleh siapa figur dan siapa lawannya, bukan semata-mata pada parpol pemenang pemilu," pungkas akademisi Unsrat itu.

Terpisah, saat diwawancarai Ketua DPC PDI-P Minsel Steven Lumowa masih enggan mengungkapkan siapa yang nakal diusung PDI-P untuk maju Pilkada.

"Untuk siapa yang nanti akan diusung itu akan ada mekanisme partai. Yang pasti kader yang akan diusung adalah kader partai yang telah berbuat bagi partai dan memang dinilai mampu dan siap mengemban tugas memimpin sebuah daerah dengan baik," tukas Lumowa.

Tokoh masyarakat Minsel Tommy Samuel mengharapkan adanya perubahan yang nyata untuk siapapun yang nantinya terpilih di Pilkada 2020 nanti.

"Tidak hanya saya, semua masyarakat Minsel tentunya punya harapan yang sama, yaitu perubahan yang nyata. Artinya bukan yang sudah lewat tidak bagus, tapi lebih ada peningkatan," ujarnya.

Siapapun pasangan nanti, diharapkan juga mampu menunjuk kepala-kepala SKPD yang betul-betul mau membangun. "Karena memang ada beberapa SKPD yang sudah baik dan ada juga yang stagnan. Kiranya kedepan pasangan yang terpilih dapat mengarahkan pembangunan di berbagai sektor menjadi lebih baik," tukasnya.(rgm/gnr)

Kirim Komentar