17 Jun 2019 14:01

Tingkatkan Pelayanan, UT Manado Buka Pendaftaran Sepanjang Tahun

MyPassion
Dr Ir Ida Zubaidah MA

MANADOPOSTONLINE.COM - Universitas Terbuka (UT) Manado kembali membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana dan diploma, Senin (17/6).

 

Direktur Universitas Terbuka Manado Dr Ir Ida Zubaidah MA menuturkan UT ada program penerimaan mahasiswa terbaru, yakni pendaftaran sepanjang tahun. "Jadi meskipun masa pendaftaran semester kedua Tahun 2019 sudah tutup, calon mahasiswa masih bisa melakukan pendaftaran di semester pertama Tahun 2020," terangnya.

Dia menjelaskan, pendaftaran mahasiswa baru semester kedua Tahun 2019 mulai 14 Februari sampai 7 Agustus. Jika calon mahasiswa belum sempat mendaftar bisa mendaftar pada 8 Agustus 2019 hingga 22 Januari 2020 untuk semester pertama. Kemudian bisa melakukan registrasi mata kuliah mahasiswa baru untuk semester kedua Tahun 2019 pada 10 Juni hingga 14 Agustus. Lanjutnya, info lengkapnya bisa diakses lewat website www.ut.ac.id atau https://sia.ut.ac.id. Intinya UT berpedoman pada kalender akademik.

Zubaidah mengatakan, mahasiswa baru S1 dan diploma tidak ada tes masuk. Yang menentukan mereka bisa masuk di UT adalah berkas mereka harus lengkap. Sedangkan mahasiswa baru untuk S2 ada tes masuk untuk sistem tatap muka dan karya ilmiah untuk sistem online.

"UT Manado mendapatkan target mahasiswa baru sekitar 8.500 orang. Kami berusaha memanfaatkan peluang sekarang yang cukup besar. Misalnya, selain kami menargetkan para siswa lulusan SMA/SMK sederajat. UT Manado juga menargetkan para pegawai negeri yang harus sarjana untuk mendapatkan tunjangan kinerja, personil-personil pengolah dana desa dan pendamping dana desa. Serta berkerjasama  dengan para pimpinan daerah dan lain sebagainya," tuturnya.

Dia menambahkan, kami juga mencoba merefitalisasi pengurus kelompok belajar di daerah-daerah dan meningkatkan pelayanan dan ketrampilan tutor.

"UT punya segmen khusus, mahasiswa kami kebanyakan mereka-mereka yang sudah punya kerja. Sehingga UT sangat berbeda dengan perguruan tinggi lainnya," kata Zubaidah. "Sistem belajar kami sangat berbeda dengan instusi lain, yaitu secara mandiri dan tutorial. Juga tidak ada batas masa studi atau drop out sehingga UT sangat fleksibel," tukasnya. (lin)

Kirim Komentar