17 Jun 2019 15:18

Pembagian Bantuan Rumah Nelayan di Boltim Harus Adil

MyPassion
Rumah bantuan nelayan di Kecamatan Motongkat, Kabupaten Boltim belum di tempati.(Ayurahmi/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Bantuan rumah nelayan di Desa Motongkat, Kabupaten Boltim sudah selesai dikerjakan. Tapi sampai saat ini belum ada satu pun rumah yang di tempati.

Seorang nelayan, Dasri Potabuga mengatakan, sudah tiga kali desa mendata para penerima bantuan tersebut. Tapi hingga sekarang belum direalisasikan. "Padahal rumah tersebut sudah selesai dua bulan lalu," tuturnya.

Dia pun meminta kepada pemerintah desa dan juga kabupaten, untuk adil dalam menentukan nelayan mana yang berhak menempati rumah bantuan tersebut. Karena jumlah nelayan lebih banyak dari bantuan rumah yang disediakan. "Saya berharap pemerintah realistis dalam penilaian layak atau tidak. Jangan ada permainan dalam pembagian. Agar bantuan benar-benar tepat sasaran," pintanya.

Terpisah, Sangadi Motongkad Induk, Rahmad Mokoagow membenarkan adanya pendataan tersebut. Dia membeber sudah melakukan pendataan secara menyeluruh khusus masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. Dia tak menampik hasil pendataan harus ada 13 nelayan yang tidak mendapatkan bantuan tersebut. "Jumlah nelayan ada 63 Kepala Keluarga (KK). Akan diverifikasi lagi menjadi 50 KK. Karena rumah yang disediakan hanya untuk 50 unit. Berkas data penerima, sudah diserahkan ke Dinas PU," tekannya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas PU Boltim Sahrul Muis mengatakan, berkas yang sudah masuk dari desa masih akan diverifikasi kembali. Muis pun memastikan seleksi akan dilakukan secara ketat dan selektif. "Jika sudah rampung semuanya, dalan waktu dekat akan dibagi," tandasnya. Diketahui, bantuan rumah nelayan tersebut merupakan program dari Kementerian PUPR yang dibiayai APBN dengan total angggaran Rp 4,9 miliar.(tr-01/ite)

Kirim Komentar