17 Jun 2019 09:03

Kuras Miliaran APBD, Gaji 13 Bukan Untuk Foya-foya

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Tak sedikit anggaran terkuras guna membayarkan Gaji 13 PNS pada 1 Juli 2019. Data yang dirangkum Manado Post dari beberapa daerah, dana Rp 153,7 miliar berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sudah dipersiapkan.

Pencairan Gaji 13 ini sendiri diperuntukkan untuk pemenuhan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk membiayai kebutuhan anak masuk sekolah di tahun ajaran baru. Olehnya, kegiatan konsumtif sangat tidak dianjurkan.

“Jadi bukan untuk pemenuhan kebutuhan sesaat, apalagi untuk dibelanjakan memenuhi keperluan fisik saja. Harus dipergunakan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga. Bagi mereka yang memiliki anak usia sekolah, wajib digunakan untuk membayar keperluan anak masuk sekolah,” ungkap Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sulut, Asiano Gemmy Kawatu.

Sama halnya, dikatakan Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi. Kata Mogi, kebutuhan finansial membayarkan gaji 13 bagi kurang lebih 2.700 abdi negara siap dilaksanakan. Ketika perintah, atau petunjuk untuk pembayaran telah dikantongi.

“Dan yang mengistimewakan gaji 13 ini, sifatnya seperti THR. Tidak ada potongan, tak seperti gaji reguler bulanan PNS. Karenanya, kami berharap pemberian gaji 13 ini, dapat dimanfaatkan betul oleh PNS. Bukannya digunakan untuk kegiatan konsumtif dan berfoya-foya,” imbaunya.

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow juga mengaku siap bayar gaji 13. Menurut Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Fico Mokodompit, pemkab sudah mengajukan kepada bupati perbub-nya. “Kalau ibu sudah tandatangani dan sudah ada petunjuk pembayaran dari pusat, maka sudah akan disalurkan,” katanya. “Untuk anggarannya 16 miliar,” tandasnya.

12
Kirim Komentar