17 Jun 2019 15:08

Kapolres Sangihe: Judi Bisa Picu Tindakan Kriminal

MyPassion
Sudung F. Napitu

MANADOPOSTONLINE.COM—Perjudian merupakan salah satu penyakit masyarakat (Pekat) yang umum terjadi di satu daerah, tak terkecuali di Kabupaten Kepulauan Sitaro. Karenanya, ditegaskan Kapolres Sangihe AKBP Sudung F. Napitu, SIK, dirinya tak hanya mewarning masyarakat untuk menghindari kegiatan tersebut. Lebih lagi kepada seluruh jajaran Polres Sitaro.

“Bersama petugas dan unsur terkait kita bersama-sama memerangi hal ini. Masyarkat menjadi mata dan telinga, laporkan segera jika ada gerak-gerik perjudian, apapun bentuknya,” lugas Napitu.

Sebab, ditambahkan Napitu, perjudian bisa mendorong masyarakat untuk berbuat kriminal. Saat materi atau uang yang hendak tak lagi tersedia, biasanya mendorong masyarakat untuk berbuat hal-hal yang negatif.   "Perjudian membuat masyarakat bisa berbuat apa saja. Di saat tak ada lagi uang, atau materi untuk dipertaruhkan. Hal ini bisa berpotensi menyebabkan tindakan kriminal,” imbuhnya.

Sementara itu Wakapolres Sangihe Kompol  H. O. Bingku menambahkan, pihaknya terus melakukan upaya pencegahan dan penegakan hukum. Lewat koordinasi bersama instansi terkait, utamanya laporan masyarakat "Rutin kita sisipkan, saat pertemuan formal dengan warga. Ada imbauan agar menjauhi praktik perjudian, jangan sampai menyesal di kemudian hari," tukasnya.

"Sekali lagi, kalau ada indikasi terjadinya perjudian. Apapun bentuknya, kami berharap peran aktif masyarakat. Langsung saja ke Polres, tak perlu di umbar di media sosial. Karena kebanyakan, saat kami melakukan penangkapan atau pengecekan, operasi sudah terlanjur bocor. Sehingga target atau sasaran, sudah lebih dulu kabur, " tutupnya.(drp/jul)

Kirim Komentar