17 Jun 2019 14:36

Jadi Tuan Rumah Poprov, Dispora Bitung Siapkan 25 Sarana Cabor

MyPassion
Anita Lomban

MANADOPOSTONLINE.COM—Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) Sulawesi Utara 2019 semakin dekat. Bitung yang menjadi tuan rumah, terus mematangkan persiapan.

 

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Bitung Anita Lomban mengatakan, sebanyak 25 sarana cabang olahraga (cabor) untuk Poprov 2019 sudah disiapkan. Tetapi menurutnya, apakah cabor akan bertambah atau berkurang yang akan diperlombakan, akan diputuskan di Rapat Acara Tahunan (RAT) KONI.

"Poprov IX di Tondano ada 21 cabang olahraga. Tetapi, di Bitung telah disediakan sarana untuk 25 cabang olahraga. Meskipun begitu, bertambah atau berkurangnya akan diputuskan dalam RAT KONI Kabupaten/Kota," kata Anita, Jumat (14/6).

Lanjutnya, untuk menyambut Poprov, Bitung memiliki tiga sukses. Yang pertama, sukses penyelenggaraan, yang merupakan persiapan venue untuk Poprov. Venue-venue yang akan digunakan, antara lain milik Pemkot Bitung, pemerintah vertikal, swasta dan ada beberapa yang dibangun. “Untuk milik dari swasta dan vertikal, pemkot sudah menyurat permohonan izin untuk penggunaan venue dan akan dilanjutkan pembuatan MoU,” ujarnya.

Kedua, sukses prestasi. Dari Bitung memiliki target untuk juara umum. “Tahap awal, pemerintah sudah merekrut atlet-atlet untuk menjadi THL dan sementara Dispora Bitung dengan KONI sudah menyurat ke cabor-cabor untuk mempersiapkan atlet serta mengadakan seleksi dan latihan. Serta, pada satu bulan sebelum hari pelaksanaan akan dilaksanakan training center (TC) dalam bentuk kontingen-kontingen,” paparnya.

Sedangkan, sukses ketiga terkait administrasi. “Dalam hal ini kami tidak mau ada kesalahan dalam pengelolaan keuangan untuk Poprov," lanjutnya.

Anita menegaskan, Bitung sangat siap untuk menyambut Poprov 2019. "Sebagai tuan rumah, kami sudah sangat siap dalam penyediaan venue maupun perlombaan untuk Poprov 2019. Meskipun, masih ada beberapa veneu yang masih dalam pembangunan," tutupnya.(ctr-61/can)

Kirim Komentar