17 Jun 2019 15:16

Bupati Bolmong: Festival Kulipot Dilestarikan

MyPassion
Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow bersilaturahmi dengan warga ketika menghadiri perayaan Festival Kulipot.(Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Festival Kulipot tampilkan empat tarian tradisional di Desa Mopait, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong, Sabtu (15/6). Dihadiri Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow.

 

Bupati mengatakan, Festival Kulipot merupakan ide kreatif masyarakat Desa Mopait sejak 2011 silam, untuk memanifestasikan kearifan lokal dan moment pasca Hari Raya Idul Fitri dengan mengangkat kuliner khas Bolmong.

Yaitu daun Kulipot yang harum baunya, dan dipergunakan sebagai pembungkus nasi. "Karena beras yang mulanya tercerai berai, mampu disatukan saat dimasak karena dibungkus oleh daun Kulipot," ungkap Yasti, di depan seluruh masyarakat. 

Menurut dia, makna perayaan festival ini adalah sebagai sarana untuk mempererat silaturahmi, persaudaraan, dan kebersamaan antar masyarakat, sekaligus lebih memperkuat komitmen dan tekad kita, guna meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT. 

"Saya berharap kepada Camat Lolayan, sangadi, BPD, dan perangkat desa, bahkan kepada seluruh masyarakat Desa Mopait, untuk tetap melestarikan dan menjaga tradisi Kulipot," pintanya.

Karena hal ini kata Yasti, merupakan salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat Bolmong lebih khusus Desa Mopait. Lanjutnya, ini juga sebagai wahana silaturahmi serta sebagai objek wisata kuliner bagi masyarakat di wilayah Bolmong. “Karena tradisi ini telah dijadikan agenda rutin dalam kalender iven Dinas Pariwisata Kabupaten Bolmong, bekerja sama dengan pemerintah Desa Mopait,” pungkasnya.

Turut hadir Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bolmong Tahlid Gallang, unsur Forkopimda, Kepala Diknas Bolmong Renty Mokoginta dan pimpinan SKPD.(cw-03/ite)

Kirim Komentar