17 Jun 2019 14:10

Belum Mampu Sokong PAD, DPRD Minta Klarifikasi PD Pasar

MyPassion
Komisi II DPRD Tomohon saat menyambangi kantor PD Pasar Tomohon.

MANADOPOSTONLINE.COM-- Kehadiran Perusahan Daerah(PD) Pasar Tomohon, sejauh ini ternyata belum mampu memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerag(PAD) di Kota Bunga. Melihat potensi yang ada, keadaan pasar ini bisa menjadi salah satu jalur pemasukan bagi Kota Tomohon, namun sayang belum bisa diharapkan lebih perannya.

 

Melihat situasi yang ada, DPRD Tomohon melalui Komisi II, menyambangi markas PD Pasar, Sabtu(15/6) kemarin, guna meminta klarifikasi akan hal tersebut. Harul Lululangi, yang juga bersama rombongan menuturkan beberapa waktu lalu sudah disampaikan lewat pemandangan umum beberapa waktu lalu terkait kontribusi PD Pasar ke kas daerah hingga piutang.

"Memang beberapa tahub lalu sempat ada saldo namun karena belum ada aturan baku yang membolehkan untuk disetorkan ke kas daerah, seharuanya bukan menjadi alasan karena bisa dititipkan dulu ke kas PD Pasar, namun ini kita menemukan saldonya sudah kosong. Jadi sebenarnya bukan merupakan alasan, yang terpenting ada niat untuk menyetorkan," tegas Lululangi.

Selanjutnya yabg menjadi fokus yakni terkait piutang. "Terkait piutang, ada yang merupakan piutang dari tahun-tahun sebelumnya, juga terkait pembayaran dari para pedagang di pasar yang ternyata tidak disetorkan dan terakhir terkait sistem pelaporan akrual yang dimna setiap selisih dari target dan capaian tersebut menjadi piutang yang harus diselesaikan," terang politisi PDIP ini.

Seperti halnya target yang ada 2018 silam. "Di mana PD Pasar dibebankan target 500 juta, namun hingga saat ini tidak ada realisasinya, itu juga menjadi perhatian kami," lanjutnya.

Lanjutan terkait kunjungan tersebut, pihaknya akan memanggil direksi PD Pasar untuk melanjutkannya dalam pembahasan di DPRD Tomohon. "Dalam waktu dekat kita akan memanggil mereka, juga kita telah merekomendasikan terkait pembenahan administrasi keuangan," tukasnya.(wam)

Kirim Komentar