17 Jun 2019 09:10
Perkuat Koordinasi Antara Serikat Pekerja dan Management BRI

BRI Gelar HUT Serikat Pekerja ke-20 Tahun

MyPassion
Pemberian Bantuan Kepada empat Panti Asuhan oleh Wakil Pemimpin Wilayah Bidang Operasional Widodo Setiawan dan Ketua Serikat Pekerja BRI Manado Adelfos Jeje Dongalemba, dalam rangka HUT SP BRI ke20, Jumat(14/6) di lt 7 Gedung Kanwil BRI Manado. (Gabriella/MPO)

MANADOPOSTONLINE.COM - Untuk lebih meningkatkan kualitas kerja yang selalu memprioritaskan masyarakat termasuk nasabah setianya, Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Manado menggelar kegiatan Donor Darah dan Pemeriksaan Gratis untuk Pensiunan BRI, serta menggelar giat olahraga futsal.

Giat tersebut dilakukan dalam rangka juga memperingati Hari Ulang Tahun Serikat Pekerja (SP) BRI ke-20 tahun, dengan tema 'Berpikir Strategik, Berkarya Produktif'.

Pemimpin Wilayah Agung Sulistijo menyatakan dukungan serta kepercayaan penuh kepada seluruh anggota SP. "Saya mendukung kegiatan yang dilakukan teman-teman SP. Ada giat Internal, ada juga giat eksternal yang melibatkan masyarakat pada umumnya. Yang menandakan BRI dan masyarakat memiliki kesatuan," ungkap Sulistijo.

Menurutnya, lewat hal itu membuktikan bahwa ada penguatan antar pekerja BRI dalam hal mendukung pencapaian kinerja yang semakin lebih baik lagi.

"Kekompakan, kebersamaan dan kesepemahaman sangat diperlukan dalam situasi yang penuh tantangan untuk melampaui target kinerja. Sementera, yang saya lihat kegiatan-kegiatan yang dilakukan diantara mereka sangat relevan untuk menciptakan kondisi seperti itu. Ini sangat baik," katanya.

Ditambahkannya pula, BRI bekerja untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. "Lewat apa? Yah lewat berbagai kegiatan yang termasuk juga aktivitas sosial yang baru dilaksanakan pekan lalu. Dilain pihak, peningkatan ekonomi masyarakat memacu BRI untuk bisa memberikan peran yang lebih besar lagi kepada masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Bidang Operasional Wibowo Setiawan menyampaikan angka ke 20 ini bukanlah angka yang masih muda. Menurutnya angka ini sudah bisa dibilang dewasa. Dikatakan Wibowo SP BRI dibentuk bukan untuk mengambil tindakan yang berseberangan dengan management. Yang artinya tidak asal vocal.

"Vocal dalam artian SP BRI itu menyampaikan saran dan kritik yang tidak disertai dengan dasarnya. Karena SP dibentuk sebagai sarana cek and balanced bagi management dalam pengelola perusahaan," katanya.

Dijelaskan Wibowo, tugas SP bukan untuk menandingi pihak management tapi lebih mendukung dalam mencapai kinerja yang semakin baik tahun ke tahun.

"Harapan saya para pekerja semakin dewasa dalam menyikapi berbagai hal. Termasuk juga dalam memiliki ketua SPnya. Karena ketua SP yang mampu bekerjasama dengan baik dengan perusahaan serta menjembatani pekerja dengan perusahaan itu figur BRI kedepan. Kedewasaan ini harus dipelihara. Dan komunikasi dan koordinasi antar pekerja terhadap pekerjaan perusahaan harus terjalin dengan baik," tegasnya.

Disamping itu, Ketua SP Wilayah BRI Manado Adelfos Jeje Dongalemba menyebutkan HUT SP BRI memang dibagi menjadi dua kegiatan.

"Untuk hari pertama Jumat 14 Juni 2019 kita menggelar kegiatan sosial dan olahraga. Diantaranya, ada acara donor darah juga pemeriksaan kesehatan bagi pensiunan BRI. Nah, esoknya(Sabtu,red) kita juga akan menggelar giat olahraga Futsal masih dalam rangka memperingati HUT SP BRI ke20," sebutnya.

SP BRI dibentuk pada tanggal 11 Juni 1999 sebagai wadah insan pekerja BRI dalam menyalurkan kritik dan saran yang membangun kepada manegemen BRI sesuai dengan prinsip dasar serikat BRI yakni bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.

SP BRI juga selalu menyuarakan aspirasi dari mulai tingkat cabang, ke wilayah sampai ketingkat nasional. Dari situ, dibahas secara efektiv dan terbuka dalam forum rapat kerja nasional untuk kemudian dirundingkan.

Terpisah, Sekretaris SP Meytha Marlina Assa menambahkan kegiatan ini dilakukan sebagai wadah untuk merangkul para pekerja. Karena, kata dia SP bersinergi dengan management. "Harapannya, semoga SP bisa memberikan kontribusi yang baik bagi pihak management seperti tema yang sudah diusung," singkatnya.

Diketahui, dalam giat sosial yang sudah dilakukan baik donor darah dan pemeriksaan kesehatan, sekira 124 pendonor dan 150 pensiunan dan pekerja yang melakukan pemeriksaan dilt 7 Kanwil BRI Manado. Dilanjutkan dengan kegiatan dihari kedua BRI menggelar giat olahraga futsal dengan melibatkan Pekerja BRI Manado Raya dengan hasil pertandingan pun dimenangkan oleh Kantor Cabang BRI Sarapung.

Aksi sosial pun, diserahkan juga bantuan untuk Panti Asuhan Anak Darul Istiqomah Sindulang Manado, Panti Asuhan Anak Febe Tataran Tondano, Panti Asuhan Anak Suara Kasih Kadoodan Bitung dan Panti Asuhan Anak Rapi Tuminting Manado.(gab)

Kirim Komentar