15 Jun 2019 13:04

Sampah di Kotamobagu Tembus 75 Ton Per Hari

MyPassion
Ilustrasi sampah.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Produksi sampah di Kota Kotamobagu mencapai 75 ton per hari. Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu Alfian Hasan mengatakan,  dua hari sebelum Idul Fitri dan tiga hari sesudah Idul Fitri, sampah yang masuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) 70- 75 ton.

"Hari-hari biasanya hanya 30-40 ton, namun sebelum dan sesudah lebaran Idul Fitri setiap harinya mengalami peningkatan yakni 70-75 ton sampah," jelasnya

Dia membeber, sampah terbanyak berada di pusat perdagangan, Pasar Senggol, kompleks pasar tradisional serta kawasan padat penduduk. "Paling banyak di Pasar Senggol dengan total sampah 15 ton," ujarnya.

Dia mengungkapkan, telah mengerahkan 225 tukang sapu untuk membersihkan, serta 15 truck dan 4 mobil pickup pengangkut sampah. “Kami pastikan beberapa hari kedepan masalah sampah sudah selesai, baik di jalan-jalan, rumah penduduk dan di lokasi Pasar Senggol," ungkapnya seraya mengimbau, masyarakat sadar akan kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.(tr-06/ite)

Kirim Komentar