15 Jun 2019 09:49

PDI-P Menang di Sidang Bawaslu, KPU Minsel Diberi Sanksi

MyPassion
Steven Lumowa

MANADOPOSTONLINE.COM—Gugatan PDI Perjuangan Sulut terkait adanya kesalahan pihak KPU Minsel, mendapatkan kesimpulan. Setelah tiga kali dilakukan persidangan di Bawaslu Minsel, dinyatakan KPU Minsel terbukti melakukan pelanggaran administratif pemilu.

 

Komisioner Bidang Hukum dan Penindakan Bawaslu Minsel Franny Sengkey mengatakan, dalam sidang pembacaan keputusan, ada beberapa poin yang diberikan ke KPU Minsel.

"Jadi dalam agenda pembacaan keputusan kemarin, ada beberapa poin yang kami berikan ke KPU Minsel. Pertama KPU Minsel terbukti mengabaikan mekanisme, prosedur dan tatacara penyelenggaraan Pemilu 2019 kemarin. Objeknya adalah karena KPU Minsel tidak mengindahkan rekomendasi Bawaslu untuk PSU di TPS 4 Desa Karowa, Kecamatan Tompasobaru," bebernya, Jumat (14/6).

Kemudian, menurut Sengkey, pihaknya memerintahkan KPU Minsel untuk melakukan perbaikan. "Perbaikan terkait kesalahan tersebut dan terakhir kita memberikan rekomendasi ke KPU Sulut untuk memberikan sanksi ke KPU Minsel. Intinya KPU Minsel dalam keputusan ini dinyatakan bersalah sehingga perlu dilakukan perbaikan," tukasnya.

Terpisah Ketua PDI-Perjuangan Minsel Steven Lumowa mengatakan pihaknya menerima semua keputusan yang ada. "Saya harap semua keputusan atau kesimpulan yang sudah diberikan ke KPU Minsel untuk segera ditindaklanjuti," singkatnya.

Sementara pihak KPU Minsel saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya tidak akan gegabah untuk langsung mengambil tindakan.

"Kita akan konsultasikan semua hasil keputusan ini dengan KPU RI. Jika sudah ada petunjuk, segera akan kami tindaklanjuti," tukas Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga.(rgm/gel)

Kirim Komentar