15 Jun 2019 12:57

Juli, KPU Tomohon Tetapkan Caleg Terpilih

MyPassion
Robby Golioth

MANADOPOSTONLINE.COM—Pelaksanaan penetapan calon legislatif terpilih serta jumlah kursi di DPRD Kota Bunga, siap dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon awal bulan Juli nanti. Demikian disampaikan Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut melalui Komisioner Bidang Teknis Robby Golioth.

"Tapi sebelumnya, ada Buku Registrasi  Perkara Konstitusi (BRPK) yang dikeluarkan oleh Mahkamah Konstitusi. Yang menegaskan, telah selesainya proses penyelesaian sengketa Pemilu, rencananya BRPK akan dikeluarkan Tanggal 1 Juli nanti," ungkap Golioth.

"Setelah itu KPU sudah dapat menetapkan jumlah kursi dan calon legislatif terpilih
Hal ini sesuai dengan, Surat Edaran KPU Nomor 867 Tahun 2019," sambungnya lagi.

Disinggung soal persiapan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Religi, dirinya mengaku masih akan menunggu petunjuk atau PKPU lanjutan dari KPU RI. Meski, dalam rilis yang dikeluarkan oleh penyelenggara pusat. Menyebut, pelaksanaan tahapan Pilkada Tahun 2020, sudah dimulai sejak Bulan September nanti.

"Dan di bulan itu, masih lebih fokus ke persiapan internal (KPU, red) dulu. Ada pembahasan anggaran di sana dan lain-lain," tukasnya.

Meski begitu, pihaknya optimis pelaksanaan Pilkada di Kota Toleran dapat berjalan lancar dan pastinya disukseskan seluruh masyarakat di Tomohon. Bukan tanpa alasan, sejak pelaksanaan Pemilu dua periode terakhir, tingkat partisipasi masyarakat tergolong baik. Makin berkurangnya angka golput, mengindikasikan kesadaran menyalurkan hak politik warga, makin baik tiap tahunnya.(jul)

Kirim Komentar