15 Jun 2019 09:55

Belum Masukkan Laporan Konsolidasi, ADD 20 Miliar Diblokir

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Alokasi Dana Desa (ADD) tahap dua tak bisa dicairkan. Karena desa belum memasukkan laporan konsolidasi.

 

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Boltim Oskar Manoppo mengatakan, ada 22 desa yang belum memasukkan laporan konsolidasi tahap satu sampai tiga, tahun 2018. "Kami sudah menyurat kepada 22 sangadi, untuk melengkapi berkas," katanya.

Dia menekankan, jika 22 desa sudah melengkapi berkas, maka Badan Keuangan akan mengusulkan ke KPPN,  baru bisa masuk ke kas daerah. “Total anggaran ADD tahap dua sebesar Rp 20 miliar," sebutnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Fitra Damopolii mengatakan, pihaknya sudah menindaklanjuti hal tersebut dan langsung menyurat ke sangadi pada bulan Mei lalu.

Dia pun membenarkan ADD tahap dua menemui hambatan untuk pencairan. "Tahap pertama  sudah cair semua. Anggarannya sebesar Rp 13 miliar. Tinggal menunggu tahap dua," katanya.

Dia pun memastikan, pekan depan laporan konsolidasi tahap dua sudah dimasukkan  ke Badan Keuangan. “Laporan tersebut sudah rampung, karena sudah ditanda tangani bupati, tinggal memasukkan berkasnya," tandasnya. (ctr-01/ite)

Kirim Komentar