14 Jun 2019 13:10

Bisa Ratusan Formasi, Penerimaan CPNS Jalur Umum Berpeluang

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM - Siap-siap bagi Anda warga Kabupaten Kepulauan Sitaro yang sedang mencari pekerjaan. Meski masih dalam tahap pengusulan formasi, kans dibukanya jalur umum dalam rekrutmen abdi negara, berpeluang nantinya.

 

Dikatakan Sekretaris BKPSDM Joice Kumaat, hal tersebut tak tertutup dapat dilakukan pihaknya. Sebab menurutnya, bahan pertimbangan dari dibukanya formasi umum, lebih dikarenakan Pemkab Sitaro hingga saat ini,  sangat membutuhkan tambahan tenaga teknis di hampir semua SKPD.

"Apalagi pertimbangan moratorium selama lima tahun, ditambah rasio pensiun tiap tahun. Tentu sekarang kita sangat membutuhkan pegawai baru di SKPD. Untuk usulan jumlah formasi kemungkinan lebih besar dari yang lalu. Kalau lalu berkisar 200 orang lebih. Nah, jika direstui bisa lebih besar lagi kuotanya," bebernya.

Tahun 2019 ini juga, lanjut Kumaat, kemungkinan formasi umum yang diterima jauh lebih diutamakan ketimbang profesi  guru dan tenaga medis.

"Jadi usulannya kita lebih memprioritaskan formasi umum. Untuk batas waktu pengusulan, paling lambat pada minggu kedua bulan Juni, sudah harus tuntas. Kami saat ini telah memasukkan usulan secara online  ke Kemenpan. Jadi tinggal berkas fisiknya saja, akan dimasukkan pekan depan," tutup dia.

Sementara itu Bupati Sitaro Evangelian Sasingen berharap, apa yang menjadi usulan pemerintah daerah, dapat diakomodir oleh Kemenpan.

"Karena saat ini tidak bisa dipungkiri, Sitaro sedang mengalami krisis pegawai, dikarenakan moratorium yang cukup lama. Ditambah lagi di momen rekrutmen kemarin hanya diterima formasi guru dan tenaga medis. Tentu regenerasi birokrasi sudah menjadi tidak sehat. Untuk itu kita perlu tambahan tenaga teknis baru, yang dapat menjalankan berbagai tugas pemerintahan," sebut Sasingen. (don/jul)

Kirim Komentar