14 Jun 2019 13:14

Banyak Pilihan, Ini Prediksi Calon Bupati dan Wakil Bupati Boltim

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Tahapan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Boltim tidak lama lagi akan dilaksanakan. Nama-nama calon yang akan maju dalam Pilkada Boltim mulai hangat dibicarakan di masyarakat. Baik dari kalangan birokat dan internal partai politik (parpol).

 

Kalau dari birokat ada nama Sekkab Boltim Muhammad Assagaf, Oskar Manoppo Kepala BPKAD, Roby Mamonto Kepala BKPSDM dan  Risky Lamaluta Kadis Pariwisata.

 

Sedangkan dari internal parpol ada nama Wakil Bupati Rusdi Gumalangit dan Nursiwin Dunggio  dari PAN, PDIP ada Medy Lensun dan Rocky Wowor, Golkar Sumardia Modeong dan Demokrat ada Argo Sumaiku dan Tomy Sumendap.

Pengamat Politik Sulut Prof Welly Waros menilai, munculnya nama birokrat dalam setiap pencalonan Pilkada adalah hal yang biasa.  Latar belakang birokrat, lanjutnya,  memiliki keunggulan dan pengalaman dalam memimpin pemerintahan. “Namun yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah figur birokrat itu sendiri bisa diterima dan dipilih masyarakat,” ujarnya.

Dia membeber beberapa tokoh dengan latar belakang birok‎rat banyak yang sukses dan menang Pilkada di sejumlah daerah. Birokrat punya daya tarik tersendiri.

“Apalagi jika seorang birokrat tersebut memiliki citra yang baik di depan masyarakat. Menjadi sebuah keuntungan bagi Parpol juga, jika mengutus figur yang dicintai masyarakat dan mengerti sistem pemerintahan selain kader partai itu sendiri," katanya.

Di sisi lain, Ketua DPW PAN Sulut Sehan Landjar mengaku sampai saat ini pihaknya belum memutuskan siapa calon yang pas yang nantinya akan diusung PAN. Seperti diketahui PAN merupakan satu-satunya Parpol yang menguasai kursi legislatif.

Sehingga mampu mengusung calonnya sendiri. "Intinya PAN tetap akan mengusung calon terbaik. Kader menjadi prioritas, tapi tidak menutup kemungkinan dari eksternal juga," dia memastikan

12
Kirim Komentar