13 Jun 2019 12:05

Poltekkes Manado Jalankan Program RPL

MyPassion
Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Elisabeth N Barung MKes (kedua kiri) didampingi Wakil Direktur Bidang Akademik Henry Imbar (pertama kiri) bersama Kabid SDK Farmasi dan Alkes Sulut Djonny S Matali (kedua kanan) dalam kegiatan sosialisasi dan assessment calon mahasiswa program RPL Tahun 2019.

MANADOPOSTONLINE.COM—Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Manado mendapatkan kesempatan menyelenggarakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Di mana tenaga kesehatan dengan kualifikasi pendidikan SMA sederajat melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma III (DIII) sejak Rabu (12/6) kemarin.

 

Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Elisabeth N Barung mengatakan, program ini dilaksanakan guna pemenuhan kualifikasi DIII. Karena di Poltekkes Kemenkes Manado banyak tenaga kesehatan masih sederajat SMA. "Pemerintah memberikan bantuan pendidikan agar bisa memotivasi tenaga kesehatan mengikuti RPL. Khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS). Intinya kita diberikan kesempatan mengikuti pendidikan hanya satu tahun atau dua semester," jelasnya.

Penilaian kelulusan lanjutnya, selain dari pendidikan juga assessment serta pengalaman kerja minimal lima tahun. Sehingga dua semester pendidikan sudah cukup untuk pemenuhan kompetensi.

Barung berharap, 460 calon mahasiswa yang sudah diseleksi sejak awal dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) semuanya bisa lulus. "Semoga Poltekkes Kemenkes Manado bisa memenuhi tugas yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, diwakili Kabid SDK Farmasi dan Alkes Djonny S Matali mengatakan, dari Kementerian Kesehatan menunjuk perguruan tinggi yang minimal akreditasi B dalam hal ini Poltekkes Kemenkes Manado untuk melaksanakan program pendidikan.

Lanjutnya, dua tahun lalu yang ditunjuk hanya Poltekkes Kemenkes Manado. Tahun ini tetap Poltekkes dan ditambah dengan Akper Rumkit TK.III Teling. "Poltekkes Kemenkes Manado sudah tiga kali mengikuti program RPL. Selain sebagai institusi milik pemerintah juga semua tenaga dosen disini berkualitas. Serta kualifikasinya sudah memenuhi syarat," ujarnya.(ite/gel)

Kirim Komentar