13 Jun 2019 10:59

Kurang Lampu Penerangan, Jalanan Manado `Dikepung` Gelap

MyPassion
Grafis.(dok Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Beberapa wilayah di Kota Manado masih gelap gulita pada malam hari. Karena tidak memiliki lampu penerangan jalan.

 

Pantauan Manado Post, ruas jalan yang  tidak dilengkapi lampu jalan di antaranya ring road satu dan dua, sebagian jalan Wolter Monginsidi, Jalan Tololiu Supit, Meras, Molas, Tongkaina serta Pandu. Sementara jalan yang memiliki lampu jalan tetapi sudah mati yaitu ring road 1, jalan AA Maramis, Boulevard II dan Ahmad Yani.

Anggota Komisi A DPRD Kota Manado Roy Maramis meminta pemerintah memperhatikan wilayah yang tidak memiliki lampu jalan untuk dipasang lampu. “Sebab Manado sudah masuk kota tujuan pariwisata dan sudah seharusnya memiliki lampu penerangan jalan sampai semua kelurahan,” ujarnya.

Menurut dia, banyak dampak yang ditimbulkan akibat tidak memiliki lampu penerangan jalan. Yaitu rawan kecelakaan lalu lintas dan kriminalitas. “Kemudian akan menimbulkan kesan negatif bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Manado, jika masih ada wilayah yang gelap,” ungkapnya.

Dia berharap, pemerintah segera menyelesaikan masalah dengan memasang lampu penerangan jalan. “Kalau yang sudah mati diganti yang baru, sehingga Manado bisa terang benderang di malam hari dan bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Manado Deisy Lumowa, melalui Sekretaris Dinas Perkim Denny Raintung mengatakan, tahun ini Perkim memiliki anggaran sekitar Rp 5 miliar untuk pemasangan lampu jalan di Kota Manado. “Kami sementara mendata lokasi yang akan dipasang lampu jalan. Agar bisa terang benderang di malam hari,” ujarnya.

Dia menambahkan, pemasangan lampu penerangan jalan sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada. “Tapi setiap tahun untuk penerangan jalan kami selalu anggarkan,” pungkasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar