13 Jun 2019 12:59

Dikirim ke Surabaya Pakai Tol Laut, Harga Kelapa Sangihe Dipatok 2.200

MyPassion
Ilustrasi kelapa.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe segera merealisasikan penjualan kelapa biji ke Surabaya. Harganya sementara dikaji. Diprediksi harganya Rp 2.200 per biji kelapa. Dikirim ke Surabaya menggunakan jasa kapal Tol Laut.

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sangihe Feliks Gghaube, menjelaskan saat ini tawaran dari beberapa pengusaha di Surabaya membeli kelapa buah dalam pengkajian. "Harga yang ditawarkan pengusaha bervariasi. Ada 2.100 dan.2.200 per biji kelapa," kata Gaghaube.

Intinya kata kadis, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pengusaha. Sebab Tol Laut membantu untuk layanan jasa angkutan produksi barang asal Sangihe ke Surabaya. Karena selain dimintakan kelapa biji juga di dalamnya memuat kayu kelapa dan arang tempurung.

"Tinggal menghitung kembali. Sebab di Sangihe sudah ada yang membeli per biji dengan harga 1.500. Jika kami membeli berdasarkan harga tersebut, sementara ke Surabaya 2.200, kami kaji mana lebih efektif," ujar Gaghaube.

Dia menambahkan, semuanya tergantung muatan dari Surabaya. Seberapa banyak kontainer. Misalnya 100 unit, artinya yang dikirim biji kelapa, kayu kelapa, arang tempurung. Dan akan dipetakan mana prioritas. Sementara pembelian kelapa biji di Sangihe, Gaghaube menjelaskan, melalui pedagang atau langsung petani.

"Namun jika pembelian melalui pedagang, maka kita harus berhitung lagi. Jangan sampai petani merasa rugi. Tetapi jika ada kesepakatan antara petani dengan pedagang dan harga cocok , kita evaluasi," ujarnya.(wan/gel)

Kirim Komentar