13 Jun 2019 13:21

Bupati Boltim: Enam Bulan Kejar PAD 11 Miliar

MyPassion
Sehan Landjar

MANADOPOSTONLINE.COM—Bupati Boltim Sehan Landjar meminta keseriusan setiap SKPD untuk memaksimalkam Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena sampai saat ini realisasi PAD masih jauh dari target. "PAD sangatlah penting. Salah satu keberhasilan daerah dilihat dari tercapainya target PAD," sebut Landjar.

Dia pun membeber tahun lalu PAD Boltim pun tidak maksimal. Dari target Rp 17, 5 miliar, realisasinya hanya Rp 83,93 persen atau Rp 14,9 miliar. Sehingga dia mengingatkan pada seluruh pimpinan SKPD untuk tetap menjaga konsistensi dan  meningkatkan kinerja di masing-masing satuan kerja.

"Masih banyak capaian pelaksanaan kegiatan yang di bawah target, sebagaimana yang tertera pada Renja disetiap perangkat daerah. Termasuk PAD. Saya minta agar penerimaan PAD terus digenjot, agar tahun ini bisa mencapai target," pintanya.

Orang nomor satu di Boltim itu pun menegaskan, akan segera meninjau beberapa sumber pendapatan yang ada di Boltim. Menurutnya, banyak bangunan-bangunan usaha di Boltim yang bisa menjadi sumber pendapatan tapi tidak memiliki izin atau ilegal.

Dia memastikan akan menggandeng pihak legislatif untuk mengatasi hal tersebut. "Banyak bangunan sarang walet dan usaha-usaha minyak cengkih yang belum memiliki izin dan kontribusi untuk Boltim. Ini harus diseriusi. Kita tidak bisa kalah dengan pengusaha. Karena sudah 10 tahun Boltim berdiri, sudah banyak pembiayaan yang dikeluarkan tapi pendapatan belum maksimal," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Boltim Oskar Manoppo menambahkan, sampai saat ini realisasi PAD baru mencapai 33 persen atau Rp 5,8 miliar dari target 17,5 miliar. Artinya dalam waktu yang tersisa, Pemkab Boltim harus mengejar PAD sekira Rp 11 miliar. "Realisasi memang masih jauh. Sampai saat ini baru Rp 5,8 miliar," tutupnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar