13 Jun 2019 10:12

500 Juta Biayai Bimtek `Pra Pensiun` Legislator

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Sekretariat DPRD Sulut selain menyediakan uang purnabhakti untuk para anggota dewan, juga menggelar bimbingan teknis (bimtek). Lokasi kegiatannya di Jakarta.

 

Diketahui masa tugas anggota DPRD Sulut periode 2014-2019 berakhir awal September. Namun para wakil rakyat itu masih diberikan fasilitas bimtek, di jelang pensiun. Agendanya seputar tugas, pokok, dan fungsi legislator. Sekretaris DPRD Sulut Bartolomeus Mononutu tak membantah hal ini.

“Memang ada agenda bimtek dan itu sudah diatur dalam APBD,” beber Mononutu. Untuk membiayai bimtek, Setwan harus mengeluarkan uang tak sedikit. Sekira Rp 500 juta. “Untuk biaya akomodasi, makanan dan minum, serta penyelenggara dalam hal ini STI Swadaya,” tambahnya.

Lanjut Kepala Bagian Keuangan Setwan Dammy Tendean, beberapa pihak akan jadi narasumber di bimtek kali ini. “Ada dari Kemendagri,” tandasnya.

Menyambut agenda bimtek tersebut, para politikus penghuni Gedung Cengkih itu sudah lebih dulu menjalankan agenda lain di luar daerah. Pekan ini mereka sudah ‘terbang’ ke berbagai tujuan.

Tak semua legislator setuju diagendakannya bimtek di penghujung tugas. Felly Runtuwene menilai, bimtek ini tidak efektif. “Sangat tidak efektif. Masih banyak program untuk publik yang membutuhkan anggaran,” kritik politikus NasDem ini.(gel)

Kirim Komentar