12 Jun 2019 12:46

Toleransi Nyata, Bhante-Pastor-Pendeta Silaturahmi di Lebaran Ketupat

MyPassion
Para pemuka agama gembala, banthe dan dua pastor yang bersilaturahmi dalam perayaan Lebaran Ketupat di rumah salah satu keluarga muslim di Kampung Jawa Tomohon.

MANADOPOSTONLINE.COM— Wujud toleransi antar umat bergama kental terasa. Terlebih dalam momentum keagamaan. Seperti yang nampak di Kelurahan Kampung Jawa Tomohon, saat Lebaran Ketupat pada Rabu(12/6) di mana tradisi saling mengunjungi membuktikan harmonisasi antar sesama umat.

 

Di sela hiruk pikuk suasana Hari Raya Ketupat, di salah satu rumah hadir para pemuka agama seperti banthe, pastor, pendeta dan gembala yang juga turut hadir mengunjungi rumah umat muslim. Suasana kental penuh suka cita memaknai perayaan ini.

“Ini sudah merupakan kebiasaan di mana saling berkunjung merayakan hari raya bukan hanya satu agama saja. Bukan hanya itu, yang membantu memasak untuk perayaan ini juga masyarakat kristen,” jelas Kepala Kesbangpol Tomohon Ronny Lumowa yang juga turut memantau perayaan ini.

Kehadiran para rombongan pemuka agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama(FKUB) Tomohon. “Tentunya sebagai pemerintah kami terus berupaya mendorong agar budaya toleransi ini terus terpelihara. Apalagi ke depan kami telah merencanakan untuk pembentukan Kampung Toleransi, yang ada di seputaran wilayah ini dengan mencakup seluruh agama yang ada,” tukasnya.(wam)

Kirim Komentar